Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ridwan Kamil Berpotensi Kuat Diusung Koalisi Indonesia Bersatu

Silaturahmi Ridwan Kamil bersama ketua umum serta pengurus partai yang tergabung dengan Koalisi Indonesia Bersatu dinilai pertanda baik.
Ridwan Kamil bertemu dengan Airlangga Hartato di rumah dinas Widya Chandra, Jakarta Selatan pada Minggu, 15 Mei 2022./Istimewa
Ridwan Kamil bertemu dengan Airlangga Hartato di rumah dinas Widya Chandra, Jakarta Selatan pada Minggu, 15 Mei 2022./Istimewa

Bisnis.com, BANDUNG - Silaturahmi Ridwan Kamil bersama ketua umum serta pengurus partai yang tergabung dengan Koalisi Indonesia Bersatu dinilai pertanda baik. Hal ini juga ditandai dengan mesranya Ridwan Kamil dan Partai Golkar Airlangga Hartato yang makin lengket.

Pengamat Politik UPI Karim Suryadi mengatakan dalam dunia politik semua kemungkinan bisa saja terjadi, termasuk Ridwan Kamil diusung Golkar, PPP dan PAN yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Bersatu. Tidak menutup kemungkinan pula muncul duet antara Airlangga Hartato dan Ridwan Kamil.

"RK sebagai gubernur dengan tingkat pemilih terbanyak (Pemilu 2019) ditambah raihan prestasi dan itu menjadi modal politik yang menggoda. RK juga figur yang gampang dipoles sebagai kekuatan pasar politik," ujar Karim, Selasa (17/5/2022).

Menurutnya, Ridwan Kamil dipastikan akan melihat semua berbagai aspek untuk berpasangan dalam Pilpres 2024. Selain kedekatan psikologis, yang ingin dilihat adalah koalisi yang lebih komprehensif atau masagi.

"Kalkulasi peluang sulit dilakukan sekarang, mengingat peta persaingan belum terbentuk. Yang pasti, popularitas RK yang disebut beberapa lembaga survei berada 4 besar adalah fakta politik yang tidak bisa diabaikan," ungkapnya.

Menurut Karim keputusan Ridwan Kamil diusung oleh partai koalisi tersebut masih sangat terbuka dan dinamis.

”Segalanya masih mungkin. Semua pintu masih terbuka. Semua bakal calon yg memiliki modal elektoral masih akan bermanuver, dan membuat ombak agar hawa politik tetap segar," ungkapnya.

Seperti diketahui, Ridwan Kamil menemui sejumlah petinggi partai pada pekan lalu yakni Airlangga Hartato, Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan, hingga petinggi Nasdem. Khusus dengan Airlangga, Ridwan Kamil bertemu beberapa hari usai Partai Golkar memantapkan membentuk Koalisi Indonesia Bersatu, bersama Partai PAN dan PPP.

Meski begitu Ridwan Kamil menampik bahwa pertemuan dengan Airlangga Hartato di rumah dinas Widya Chandra, Jakarta Selatan pada Minggu, 15 Mei 2022 bukan mengenai Pilpres 2024.

Ia menyatakan bahwa pertemuan itu hanya sebatas komunikasi politik antara Pimpinan Daerah dengan ketua Parpol.

"Lebih ke kedinasan silaturahmi dan Pak Airlangga yang mengamankan Perpres Patimban di Jabar, yang rapt rutin mengamankan hampir Rp300 triliun bantuan dari pusat lewat Perpres dari Pak Jokowi," ujarnya.

Dalam kesempatan itu, dia juga belum menjawab secara pasti mengenai kemungkinan digandeng Airlangga untuk Pilpres 2024. Menurutnya, obrolan dengan ketua Partai Golkar itu belum pada tahap Pilpres 2024.

"Belum sampai tahap ke situ (pembicaraannya), tapi kalau takdirnya sudah sampai ke situ, pertanyaannya juga bisa dijawab dengan mudah, kira-kira begitu," kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper