Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Cuaca di Ciayumajakuning Terasa Lebih Panas, Ini Penjelasan BMKG

Cuaca Cirebon Indramayu, Majalengka, dan Kuningan (Ciayumajakuning) cenderung lebih panas pada beberapa hari terakhir ini hingga 33 derajat Celcius.
Hakim Baihaqi
Hakim Baihaqi - Bisnis.com 09 Mei 2022  |  12:12 WIB
Kota Cirebon - Bisnis
Kota Cirebon - Bisnis

Bisnis.com, CIREBON - Cuaca di Cirebon Indramayu, Majalengka, dan Kuningan (Ciayumajakuning) cenderung lebih panas pada beberapa hari terakhir ini hingga 33 derajat Celcius.

Berdasarkan informasi dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), pada Senin (9/5/2022), cuaca di wilayah Ciayumajakuning terpantau cerah di pagi hari.

Deputi Bidang Meteorologi BMKG Guswanto mengatakan, fenomena kenaikan suhu udara dipicu oleh beberapa faktor, di antaranya posisi semu matahari saat berada di wilayah utara ekuator yang mengindikasikan sebagian wilayah Indonesia akan memasuki musim kemarau.

Kemudian, dominasi cuaca yang cerah dan tingkat perawanan rendah tersebut dapat mengoptimumkan penerimaan sinar matahari di permukaan bumibumi.

"Menyebabkan kondisi suhu yang dirasakan oleh masyarakat menjadi cukup terik pada siang hari," kata Guswanto.

Guswanto mengimbau, kepada masyarakat agar menjaga kondisi stamina tubuh dan kecukupan cairan tubuh, terutama bagi warga yang beraktifitas di luar ruangan pada siang hari.

Berdasarkan data hasil pengamatan BMKG, suhu maksimum terukur selama periode berkisar antara 33 hingga 36.1 derajat Celcius.

"Suhu maksimum tertinggi di Indonesia pada bulan April selama 4-5 tahun terakhir sekitar 38.8°C di Palembang pada tahun 2019, sedangkan di bulan Mei sekitar 38.8 °C di Temindung Samarinda pada tahun 2018," katanya.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

BMKG cirebon
Editor : Ajijah

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
To top