Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jalur Pantura Cirebon Mulai Padat, Kendaraan dari Luar Kota Mulai Berdatangan

Ruas jalur pantura di Jalan Otto Iskandardinata, Kecamatan Plered, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, terpantau padat pada H-4 lebaran, Kamis (28/4/2022).
Ruas jalur pantura di Jalan Otto Iskandardinata, Kecamatan Plered, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, terpantau padat pada arus mudik H-4 lebaran, Kamis (28/4/2022).
Ruas jalur pantura di Jalan Otto Iskandardinata, Kecamatan Plered, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, terpantau padat pada arus mudik H-4 lebaran, Kamis (28/4/2022).

Bisnis.com, CIREBON - Ruas jalur pantura di Jalan Otto Iskandardinata, Kecamatan Plered, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, terpantau padat pada arus mudik H-4 lebaran, Kamis (28/4/2022).

Pantauan Bisnis.com, arus lalu lintas dari arah Jakarta menuju Jawa Tengah mengalami antrean hingga 2 kilometer, terutama di sekitar Simpang Kawasan Batik Trusmi hingga Bundaran Ramayana.

Pengendara yang melaju di jalur tersebut hanya mampu berkendara dengan kecepatan rendah. Sementara, dari arah sebaliknya terpantau tidak mengalami antrean. Kendaraan mampu melaju dengan kecepatan sedang.

Kendaraan pemudik dari luar wilayah Cirebon terpantau mulai melintasi ruas jalur pantura. Sebagiannya, kendaraan lokal Cirebon, Majalengka, Indramayu, dan Kuningan (Ciayumajakuning).

Berdasarkan keterangan pers Kementerian Perhubungan, puncak arus mudik diprediksi terjadi pada hari ini dan potensi perjalanan meningkat di tanggal 30 April.

Sementara puncak arus balik, diprediksikan terjadi pada 8 Mei 2022.

Pada puncak arus mudik dan arus balik lebaran tahun ini, bakal terjadi penumpukan masyarakat di bahu jalan.

Mengantisipasi kepadatan saat puncak arus mudik, Polresta Cirebon membentuk tim urai yang bertugas selama Operasi Ketupat Lodaya 2022. Tim urai berjumlah 35 personel itu, memiliki tugas melakukan penguraian kemacetan lalu lintas saat arus mudik.

Kepala Polresta Cirebon Kombes Arif Budiman mengatakan, tim urai tidak hanya bertugas di jalur arteri, melainkan jalur tol yang bakal diterapkan sistem satu arus atau one way dari Jakarta sampai dengan Gerbang Tol Kalikangkung.

"Kami mengantisipasi apabila terjadi kendaraan mogok ataupun ada kendaraan yang mungkin tidak layak dan sebagainya dan mengakibatkan terjadinya kemacetan," kata Arif.

Puluhan tim urai tersebut bakal dibagi ke dalam ketiga tim, pertama akan bertugas secara di jalur tol dari perbatasan Majalengka sampai dengan perbatasan Brebes.

Tim kedua, akan bertugas di jalur arteri mulai dari perbatasan Indramayu sampai dengan wilayah perbatasan Polres Cirebon Kota.

Sementara tim ketiga, ditempatkan dari perbatasan Brebes sampai dengan perbatasan Cirebon kota.

Arif mengatakan, puluhan orang tersebut akan ditempatkan tidak hanya titik kerawanan, namun juga titik yang memang menjadi konsentrasi skenario penguraian terkait dengan kepadatan maupun tingkat kemacetan arus lalu lintas.

"Diharapkan dengan Tim Urai ini akan lebih memberikan akselerasi keputusan-keputusan cepat yang memang harus dilaksanakan apabila terjadi peningkatan sekaligus juga kepadatan arus rangka pengamanan Operasi Ketupat Lodaya Tahun 2022," kata Arif.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Hakim Baihaqi
Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper