Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Polisi Prediksi Lebih dari 200.000 Pemudik Bakal Datang ke Kabupaten Cirebon

Kepolisian Resor Kota (Polresta) Cirebon memprediksi sekira 200.000 warga Kabupaten Cirebon yang berada di luar kota, bakal melakukan perjalanan mudik ke kampung halaman.
Bus Antar Kota Antar Provinsi menunggu penumpang di Terminal Kampung Rambutan. /Bisnis-Nurul Hidayat
Bus Antar Kota Antar Provinsi menunggu penumpang di Terminal Kampung Rambutan. /Bisnis-Nurul Hidayat

Bisnis.com, CIREBON - Kepolisian Resor Kota (Polresta) Cirebon memprediksi sekira 200.000 warga Kabupaten Cirebon yang berada di luar kota, bakal melakukan perjalanan mudik ke kampung halaman.

Kapolresta Cirebon Kombes Arif Budiman menyebutkan untuk mengantisipasi hal tersebut, sebanyak 2.600 personel gabungan diturunkan dalam Operasi Ketupat Lodaya 2022 di wilayah hukum Polresta Cirebon.

Ribuan petugas tersebut untuk memastikan arus mudik dan balik berjalan lancar.

Ditambahkan Arif, operasi berlangsung mulai 22 April hingga 9 Mei 2022. Sasaran utamanya adalah memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat yang melaksanakan mudik Lebaran tahun 2022.

"Personel dari Kodim 0620/Kabupaten Cirebon, Dishub, Satpol PP, Dinkes, dan lainnya," kata Arif saat ditemui usai Gelar Pasukan Operasi Ketupat Lodaya 2022 di Mapolresta Cirebon, Jumat (22/4/2022).

Ribuan personel nantinya bakal disebar di 17 posko. Sebanyak 3 di jalur tol dan 14 di jalur arteri.

Posko di jalur arteri juga tersebar dari mulai perbatasan Indramayu, Kuningan, Majalengka, hingga Brebes, Jawa Tengah.

Pihaknya memastikan seluruh personel yang terlibat siap melayani masyarakat yang melaksanakan mudik ke kampung halamannya dan melintasi Kabupaten Cirebon.

"Kami juga bekerja sama dengan Dinkes untuk menyediakan pelayanan vaksinasi, khususnya dosis ketiga atau booster bagi masyarakat yang belum melaksanakannya. Sehingga bisa vaksin booster di posko pengamanan mudik Polresta Cirebon," kata Arif.

Pemerintah Kabupaten Cirebon mengimbau, kepada seluruh warga yang akan mudik ke Kabupaten Cirebon pada libur lebaran diwajibkan sudah mendapatkan vaksin booster Covid-19.

Sementara, Bupati Cirebon Imron Rosyadi menyebutkan ketentuan pemudik harus mendapatkan vaksin Covid-19 sesuai peraturan pemerintah pusat.

"Pemerintah memang mengizinkan warganya untuk mudik. Tetapi, salah satu syaratnya sudah mendapatkan vaksin booster," kata Imron.

Imron mengatakan, pada lebaran nanti, Pemerintah Kabupaten Cirebon bersama Polresta Cirebon bakal membuka posko vaksinasi Covid-19 di akses masuk menuju Kabupaten Cirebon.

Ia mengimbau, kepada seluruh pemudik untuk mematuhi aturan tersebut, sehingga nantinya tidak ada lagi penyebaran wabah Covid-19.

"Kalau tidak mau mendapatkan vaksin Covid-19, jangan datang ke Kabupaten Cirebon," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Hakim Baihaqi
Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper