Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Keren, 9 Produk UMKM Lokal Karawang Bisa Masuk Pasar Modern

Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana menyebutkan saat ini sejumlah produk usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) masyarakat di wilayahnya sudah masuk pasar ritel ternama di Indonesia.
Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana
Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana

Bisnis.com, KARAWANG - Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana menyebutkan saat ini sejumlah produk usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) masyarakat di wilayahnya sudah masuk pasar ritel ternama di Indonesia.

"Saat ini, sudah ada 9 produk UMKM yang telah lolos kurasi dan telah beredar di pasar modern," ujar Cellica dalam keterangannya, Selasa (12/4/2022).

Cellica menegaskan sejauh ini pihaknya berkomitmen untuk membantu para pelaku UMKM di wilayahnya ini. Adapun kerja sama dengan perusahaan ritel ini, sebagai salah satu ihtiar untuk memerluas pasar produk UMKM tersebut.

"Sebelumnya, kita sudah kerja sama dengan PT Indomarco Prismatama dan beberapa koperasi karyawan. Saat ini, kita juga telah bekerja sama dengan gerai Alfamart. Kami target setiap tahun, 10-20 produk UMKM yang ada bisa dipasarkan di pasar modern tersebut," jelas dia.

Di 2022 ini, kata dia, pihaknya juga telah mengalokasikan anggaran Rp2 miliar untuk membantu para pelaku UMKM yang ada. Anggaran tersebut, akan digunakanan sebagai bantuan permodalan (dalam bentuk barang), sertifikasi halal dan juga PIRT gratis bagi para pelaku UMKM.

"Komitmen kami, bagaimana mendorong UMKM kita naik kelas dan berdaya saing," tegas dia.

Cellica menambahkan, tahun lalu pemerintah juga telah memberikan bantuan bagi pelaku UMKM ini berupa pelatihan. Saat itu, ada 70 pelaku UMKM yang mendapatkan pelatihan.

Mereka dilatih, mulai dari pemilihan kualitas produk hingga pengemasan. Dengan begitu, produk tersebut bisa diterima dengan standar yang diberlakukan oleh perusahaan ritel tersebut. (K60)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Asep Mulyana
Editor : Ajijah

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper