Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Kisah Ridwan Kamil Tak Akan Berhenti Membangun Masjid

Ridwan Kamil menyebut saat ini sudah ada puluhan masjid yang ia buat desainnya. Tak hanya itu, puluhan masjid itu juga sudah selesai dibangun.
Wisnu Wage Pamungkas
Wisnu Wage Pamungkas - Bisnis.com 06 April 2022  |  14:14 WIB
Kisah Ridwan Kamil Tak Akan Berhenti Membangun Masjid
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil
Bagikan

Bisnis.com, BANDUNG - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil memiliki seorang ayah yang sempat menjadi pengurus masjid.

Saat masih kecil, Kang Emil--panggilan akrabnya sering diajak untuk membantu mengurus masjid.

Misalnya ketika masjid itu dalam proses pembangunan atau renovasi. Ia diminta menemani sang ayah untuk membeli kayu atau semen yang kemudian dibawa menuju masjid.

Setiap persamuhan itu, sang ayah menitipkan pesan padanya, jika sudah besar jangan pernah berhenti untuk membangun masjid.

"Almarhum ayah saya itu pengurus masjid jadi saya sering dibawa ke masjid beli semen, beli kayu. Beliau lalu berpesan jangan pernah berhenti membangun masjid," kata Ridwan Kamil saat mengisi kuliah subuh di Masjid Jogokariyan, Rabu (6/4/2022), dalam rilis yang diterima.

Dia menyebut saat ini sudah ada puluhan masjid yang ia buat desainnya. Tak hanya itu, puluhan masjid itu juga sudah selesai dibangun.

Ada beberapa masjid hasil desain Ridwan Kamil yang berkesan baginya salah satunya Masjid 99 kubah yang ada di Makassar, Sulawesi Selatan.

"Alhamdulillah saat ini sudah ada puluhan masjid yang saya desain dan dibangun. Kalau yang paling besar itu ada di Makassar. Masjid pinggir laut namanya Masjid 99 kubah, itu hasil imajinasi saya," ungkapnya.

Pihaknya juga menyebut di Jawa Barat sedang ada pembangunan masjid besar yang ia desain. Masjid itu dinamakan Masjid Al Jabbar.

"Sedang dibangun masjid di Jawa Barat yang inspirasinya dari rumus matematika, makanya namanya Masjid Al Jabbar, itu juga bisa jadi singkatan Jawa Barat karena tidak mungkin masjid Al Jatim," katanyam

Desain masjid hasil karyanya tidak hanya tersebar di Tanah Air. Tapi juga banyak yang ada di luar negeri. Salah satunya yang ada di Palestina.

"Di Gaza, Palestina. Masjid ini penghasil tahfidz, dibom Israel hancur. Mereka sholat harus pakai tenda bertahun-tahun. Maka bersyukurlah masjid di Indonesia ada di mana-mana tinggal dimakmurkan. Masjid itu tinggal 15 persen lagi," paparnya.

Selain itu, dia sudah mendesain bangunan masjid di belahan dunia yang lain termasuk di Spanyol dan Amerika Serikat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Ramadan masjid ridwan kamil
Editor : Ajijah
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top