Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Streamer Daikin Diklaim Ampuh Nonaktifkan Covid-19 Varian Omicron hingga 99,9 Persen

Teknologi Streamer ini diyakini dapat menonaktifkan Coronavirus varian Omicron dengan efektivitas hingga 99,9 persen.
Dea Andriyawan
Dea Andriyawan - Bisnis.com 25 Februari 2022  |  19:45 WIB
Teknologi air purifier
Teknologi air purifier

Bisnis.com, BANDUNG - Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi terus berkembang, utamanya menyoal penanganan Covid-19 yang melanda tanah air lebih dari dua tahun ini.

Yang menggembirakan, datang dari hasil riset dan penelitian Daikin Industries, Ltd. bersama Osaka University. Hasil penelitian perusahaan dan perguruan tinggi ternama asal Jepang ini menghasilkan kemampuan teknologi Streamer miliknya dalam menonaktifkan Coronavirus varian Omicron. Bahkan tingkat efektivitas menonaktifkan varian Omicron hingga 99,9 persen.

National Sales Manager PT Daikin Airconditioning Indonesia Yuli Francisco mengatakan penelitian sendiri dilakukan dengan melibatkan Profesor Tatsuo Shioda dan asistennya Tadahiro Sasaki dari Department of Virus Infestions, Research Institute for Microbial Diseases, Osaka University pada Januari 2022.

Metode TCID50 digunakan sebagai metode penelitian yang membandingkan dua kondisi dengan salah satunya menggunakan perangkat yang melepaskan debit Streamer.

Hasil didapat menunjukkan penonaktifkan strain Omicron mencapai 99,9 persen pada objek penelitian setelah dua jam perlakuan pelepasan Streamer.

Sebagai catatan, hasil merupakan di bawah kondisi pengujian laboratorium dan tidak mewakili efektivitas perangkat dengan Streamer serta penggunaan dalam lingkungan sebenarnya.

Dikembangkan Daikin sejak tahun 2004, teknologi Streamer dibuat sebagai upaya perusahaan melakukan dekomposisi oksidatif zat berbahaya.

Bekerja melalui pelepasan plasma secara sabil yang menghasilkan elektron berkecepatan tinggi, kemampuan ini memungkinkan pelepasan Streamer untuk menguraikan virus, bau, bakteri dan polutan udara dalam ruangan seperti formaldehyde.

Adanya hasil penelitian terbaru dari kerjasama riset Januari lalu tersebut, menambah panjang deret kemampuan Streamer yang juga telah melalui pengujian dari berbagai lembaga uji terpercaya.

Di antara kemampuan tersebut yaitu terkait efektivitasnya dalam menonaktifkan virus influenza yang sangat virulen (tipe A H5N1) dan dengan virulen lemah (tipe A H1N1), norovirus tikus, strain konvensional dan mutan dari novel coronavirus (SARS-CoV2). Disamping pula pengujian efektivitas teknologi ini pada racun dan bakteri yang menyebabkan keracunan makanan.

Di Indonesia sendiri, Daikin menyematkan teknologi Streamer diantaranya pada perangkat Air Purifier.

Tiga model air purifier diperkenalkan Daikin yang menggunakan teknologi Streamer yaitu MCK55TVM yang dirancang untuk luas ruang 41 meter persegi dengan tambahan fungsi kelembapan, MC55UVM untuk luas ruang 41 meter persegi dan MC40UVM yang kerja pembersihan udaranya dirancang untuk luas ruang 31 meter persegi.

“Sematan teknologi Streamer ini melengkapi keberadaan filter Hepa elektrostatis yang menjadi kelengkapan standar Air Purifier Daikin,” ujar Yuli dalam rilis yang diterima Bisnis, Jumat (25/2/2022).

Kelengkapan filter High Efficiency Particulate Air yang biasa disebut Hepa filter sebagai standar ini, menurutnya, sejalan dengan Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 15 Tahun 2021 tentang PPKM Darurat Covid-19 Wilayah Jawa-Bali yang menyarankan penggunaan air purifier dengan filter Hepa.

“Selain kerja pembersihan, Streamer pada air purifier Daikin membuat biaya yang dikeluarkan penggunanya untuk penggantian filter menjadi cenderung lebih rendah berkat usia pakainya yang lama,” ujar Yuli lagi. (k34)

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

teknologi
Editor : Ajijah

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
To top