Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Jabar Ingin Hasilkan Gagasan Global Lewat Forum Urban 20 Mayors Summit 2022

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan dengan banyaknya potensi yang dimiliki, Provinsi Jawa Barat termasuk para pemangku kebijakan dan stakeholder lain di dalamnya merupakan salah satu representasi yang tepat untuk ambil bagian dan meramu gagasan bersama dalam forum U20.
Wisnu Wage Pamungkas
Wisnu Wage Pamungkas - Bisnis.com 25 Februari 2022  |  13:03 WIB
Gubernur Jabar Ridwan Kamil
Gubernur Jabar Ridwan Kamil

Bisnis.com, BANDUNG — Provinsi Jawa Barat yang terpilih sebagai Co-Chairs Indonesia pada Outreach Groups U20 Presidensi G20 Indonesia Tahun 2022 bersama DKI Jakarta menargetkan forum U20 tahun ini berhasil menghasilkan gagasan global yang bisa diimplementasikan.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan dengan banyaknya potensi yang dimiliki, Provinsi Jawa Barat termasuk para pemangku kebijakan dan stakeholder lain di dalamnya merupakan salah satu representasi yang tepat untuk ambil bagian dan meramu gagasan bersama dalam forum U20.

Forum U20 juga mencoba merumuskan gagasan dan solusi tiga isu prioritas Presidensi G20, yakni peran penting pemuda kota dan desa dalam pemulihan pascapandemi, akselerasi inovasi teknologi, serta literasi digital, serta pemulihan ekonomi pascapandemi dengan penguatan lapangan kerja bagi pemuda.

“Ajang U20 menjadi ruang meningkatkan kolaborasi antara kota-kota dunia untuk dapat saling belajar dari best-practice dan inovasi yang selama ini dilakukan sebagai upaya menjawab persoalan-persoalan aktual tersebut,” katanya, Kamis (23/2/2022).

Kamil mengajak generasi muda untuk memanfaatkan momentum baik ini, mengingat, Indonesia sedang mendapatkan angin segar dengan berbagai sorotan positif dari beberapa negara dunia. “Indonesia diprediksi akan menjadi salah satu kekuatan ekonomi dunia pada 2045. Saat ini, Indonesia berada di peringkat 16 di antara negara-negara G20,” tuturnya.

Menurutnya generasi muda bisa memanfaatkan kesempatan ini untuk membuat negara lain terkesan. Apalagi, Indonesia juga memiliki bonus demografi yang bisa menjadi motor pertumbuhan ekonomi di Indonesia.

Jabar memiliki potensi SDM luar biasa yakni angkatan kerja muda dengan jumlah terbesar di indonesia dengan tingkat pendidikan yang makin meningkat dari tahun ke tahun. “Hal ini menjadi tulang punggung bagi ekonomi saat ini dan masa depan yang memungkinkan terjadinya koneksi desa-kota melalui transformasi digital,” katanya.

Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Provinsi Jawa Barat Dewi Sartika mengatakan agenda U20, merupakan pertemuan outreach group yang bertujuan untuk membawa masalah perkotaan ke garis depan agenda G20.

"U20 menjadi forum bagi para pemimpin pemerintah daerah kota-kota U20, di antaranya untuk melakukan aksi terhadap iklim global dan pembangunan berkelanjutan kepada para pemimpin nasional. Komitmen dan pesan dari U20 nantinya dibagikan terhadap Presidensi G20 dan kepala negara," katanya.

Menurut Dewi, ada tiga agenda prioritas dalam U20. Pertama, mempromosikan produktivitas yang fokus pada pengembangan _soft skill_ dan _digital skill_ melalui pemberdayaan usaha kecil dan menengah di perkotaan yang berwawasan lingkungan. Kedua, meningkatkan ketahanan dan stabilitas masyarakat perdesaan dan pelaku UMKM sebagai agen transformasi pariwisata.

"Sedangkan agenda prioritas ketiga yakni memastikan pertumbuhan yang berkelanjutan dan inklusif melalui pendanaan stimulus penghijauan, dukungan perusahaan, dan dana pemulihan lingkungan untuk membantu pengembangan masyarakat bebas karbon, tahan iklim, dan inklusif," tuturnya.

Dewi mengatakan, dengan terpilihnya Jawa Barat sebagai tuan rumah U20, informasi terkait potensi Jawa Barat akan tersebar secara luas, terutama kepada anggota G20. Hal itu pun sebagai upaya promosi investasi di kawasan Jawa Barat bagian selatan. (K57)

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

g20 pemprov jabar ridwan kamil
Editor : Ajijah

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
To top