Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Adiyana Slamet Terpilih Jadi Ketua IKA Fisip Unpas, Dukung Progam Kampus Merdeka

Adiyana Slamet yang menduduki Ketua Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Jabar itu menjadi calon tunggal. Meski demikian, mulai dari proses sosialisasi, kemudian penjaringan hingga penetapan sudah ia tempuh sesuai mekanisme yang ditetapkan panitia.
Adiyana Slamet/Istimewa
Adiyana Slamet/Istimewa

Bisnis.com, BANDUNG - Adiyana Slamet terpilih jadi Ketua Ikatan Keluarga Alumni (IKA) Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Pasundan (Unpas). 

Penetapan itu dilakukan dalam acara Silaturahmi dan Musyawarah Besar IKA Fisip Unpas masa bakti 2022-2027 di Aula Suradireja, Lengkong Besar, Kota Bandung, Sabtu (19/2/2022). 

Adiyana Slamet yang menduduki Ketua Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Jabar itu menjadi calon tunggal. Meski demikian, mulai dari proses sosialisasi, kemudian penjaringan hingga penetapan sudah ia tempuh sesuai mekanisme yang ditetapkan panitia.

"Semua tahapan sudah dilakukan melalui media sosial karena masih pandemi Covid-19, mulai dari penjaringan hingga penetapan calon dan disaksikan perwakilan Prodi," ucap Adiyana, Minggu (20/2/2022). 

Adiyana mengungkapkan, ikatan keluarga adalah rasa kebanggaan alumni terhadap almamater. Menurutnya, Unpas merupakan salah satu perguruan tinggi tertua di Jawa Barat. Maka dari itu, sudah seharusnya kita bersama-sama (alumni) membesarkan rumah besar Fisip Unpas.

"Melalui Ikatan Keluarga Alumni inilah kita jadikan wadah untuk mempererat dan memperkuat peran dan potensi alumni," jelasnya.

Kemudian, sambung Adiyana, kedepannya ia akan melaksanakan konsolidasi di tataran internal dan mendata ulang para alumni yang saat ini tersebar. 

"Alumni Fisip Unpas ini (berceceran). Jadi tugas saya harus yaitu konsolidasi internal dan menginformasikan bahwa IKA Fisip Unpas sudah terbentuk. Agar kedepannya para alumni bisa secepatnya melakukan pengabdian," paparnya.

Adiyana menjabarkan, IKA Fisip Unpas bukan hanya sebuah wadah atau menampung para alumni. Namun jauh dari itu tujuannya melakukan pengabdian, pengembangan SDM yang nanti akan bermuara untuk berkontribusi dan membantu membesarkan kampus. 

"Ke depan kita harus bisa membuktikan. Kita adalah kelompok intelektual yang bisa bersinergi dengan siapapun untuk menyukseskan kebijakan-kebijakan yang baik yang tidak lepas dari Tri Dharma Perguruan Tinggi, yaitu Pendidikan dan Pengajaran. Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat," terangnya.

Terkait agenda pada Agustus 2022 yakni pemilihan Ketua IKA UNPAS, Adiyana menegaskan, hingga saat ini dirinya akan fokus pada program yang diemban, terutama membenahi dan mendata para alumni Fisip Unpas.

"Menurut saya, Fisip itu miniaturnya Unpas, karena dinamika yang dinamis, banyak tokoh dilahirkan dan lainnya. Soal maju jadi calon Ketua Umum IKA Unpas kita akan coba matangkan program-program yang dibutuhkan alumni," tuturnya.

"Kita lihat nanti. Tapi banyak dorongan dan saya amati kawan-kawan ingin ada yang dari Fisip untuk jadi Ketua IKA Unpas," tandasnya.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Umum IKA Unpas Subur Dwiono mengapresiasi pemilihan ketua IKA Fisip Unpas. Menurutnya, hingga saat ini baru Fisip yang sudah menggelar pemilikan Ketua IKA. 

"Saya mengapresiasi Fisip menjadi yang pertama menggelar pemilihan Ketua IKA di tingkat Fakultas. Fakultas lain akan menyusul, karena target kita Maret 2022 pemilihan Ketua IKA di fakultas ini harus selesai lantaran Agustus 2022 ada pemilihan ketua IKA Unpas," terangnya. 

Subur berharap siapapun yang jadi Ketua IKA baik di tingkat Fakultas atau Universitas harus bisa merangkul alumni dan mengembangkan semua program untuk membesarkan almamater.

"Jadi ketua IKA itu mau di Fakultas atau di Universitas harus lebih aktif dikepengurusan. Kemudian harus menjadikan contoh dan teladan, punya keinginan keras dan punya posisi publik yang bagus karena untuk mengharumkan almamater. Paling penting harus rela berkorban dan berjiwa sosial," paparnya.

Dekan Fisip Unpas M Budiana menambahkan jika nanti sudah terbentuk kepengurusan IKA Fisip Unpas diharapkan bisa bermitra dengan Fakultas karena itu yang dibutuhkan apalagi dalam konteks Program Merdeka Belajar, Kampus Merdeka.

"Secara Formal keberadaan IKA ini sangat penting dalam mendorong pengembangan kampus, apalagi peran alumni sangat dibutuhkan bagi para junior-junior di kampus baik itu bimbingan, arahan atau dalam sebuah ruang diskusi," katanya. (K34) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dea Andriyawan
Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper