Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Akulaku Gandeng Polda Jabar Soal Perlindungan Nasabah dari Kejahatan Siber

Akulaku Finance Indonesia menjalin kerja sama dengan Kepolisian Daerah Jawa Barat dalam upaya meningkatkan perlindungan pengguna aplikasi digital (e-commerce) dari ancaman kejahatan siber.
Dea Andriyawan
Dea Andriyawan - Bisnis.com 16 Februari 2022  |  17:35 WIB
Nasabah mengakses aplikasi Akulaku di Jakarta, Senin (24/1/2022). Bisnis - Fanny Kusumawardhani
Nasabah mengakses aplikasi Akulaku di Jakarta, Senin (24/1/2022). Bisnis - Fanny Kusumawardhani

Bisnis.com, BANDUNG - Akulaku Finance Indonesia menjalin kerja sama dengan Kepolisian Daerah Jawa Barat dalam upaya meningkatkan perlindungan pengguna aplikasi digital (e-commerce) dari ancaman kejahatan siber.

Presiden Direktur Akulaku Finance Indonesia Efrinal Sinaga mengungkapkan inisiatif kolaborasi tersebut merupakan bagian dari mitigasi risiko dan komitmen perusahaan secara konsisten untuk menjamin keamanan dan kenyamanan pengguna.

“Kolaborasi antara Akulaku dan Polda Jabar diharapkan dapat menjadi sebuah langkah penting dalam penguatan dan kemajuan aspek cyber security di Indonesia,” ujarnya, Rabu (16/2/2022).

Dirinya mengungkapkan, pemanfaatan teknologi semakin vital di dalam sektor keuangan. Oleh karena itu edukasi, kolaborasi, dan inovasi dalam bidang keamanan data turut dibutuhkan untuk memperkuat perlindungan nasabah dari berbagai modus social engineering yang kerap dilakukan pelaku kejahatan.

Adapun salah satu modus praktik social engineering yang kerap menyasar nasabah teknologi finansial merupakan phishing. Pelaku kejahatan phishing umumnya berusaha memanipulasi nasabah dengan berpura-pura sebagai pihak resmi dari perusahaan tersebut.

Pelaku tersebut kemudian berusaha mengelabui nasabah dengan meminta one time password (OTP) dalam melancarkan aksi kejahatannya.

Melalui kerja sama ini, Akulaku berharap dapat membantu mewujudkan program literasi dan edukasi keuangan untuk meningkatkan inklusi keuangan ke tingkat 90% pada tahun 2024 seperti yang diharapkan oleh Presiden Republik Indonesia.

Polda Jabar pun mengapresiasi manajemen Akulaku dalam upaya membangun sinergi dengan institusi kepolisian untuk meningkatkan keamanan dan mitigasi potensi risiko serangan siber di era digitalisasi keuangan.

Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Jabar Kombes Pol. Arif Rahman Hakim mengungkapkan melalui kerjasama ini, masyarakat diharapkan dapat semakin terlindungi dari dari risiko kejahatan siber.

Selain itu, dirinya berharap agar masyarakat dapat semakin meningkatkan kesadaran untuk membangun kebiasaan menjaga keamanan data pribadi masing-masing untuk semakin terlindungi dari berbagai ancaman kejahatan siber.

“Kami mengapresiasi inisiatif kolaborasi dari Akulaku yang berkomitmen penuh dalam meningkatkan keamanan dan perlindungan terhadap masyarakat dari berbagai resiko kejahatan phishing,” ujarnya. (K34)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

polda jabar fintech Akulaku pinjol
Editor : Ajijah

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
To top