Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ombudsman Jabar Minta Kota/Kabupaten Pertimbangkan PTM 100 Persen

Plh Kepala Perwakilan Ombudsman Jawa Barat Dominikus Dalu mengatakan di Tanah Air terjadi penambahan kasus Covid-19 sebanyak 2.925 kasus per 23 Januari 2022.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 25 Januari 2022  |  14:27 WIB
Siswa mengecek suhu saat pelaksanaan PTM di Kota Bandung.
Siswa mengecek suhu saat pelaksanaan PTM di Kota Bandung.

Bisnis.com, BANDUNG - Kantor Perwakilan Ombudsman Jawa Barat meminta kota dan kabupaten di provinsi itu yang melaksanakan pembelajaran tatap muka (PTM) 100 persen agar mempertimbangkan kembali metode tersebut, sebagai bentuk antisipasi adanya Covid-19 varian Omicron.

Plh Kepala Perwakilan Ombudsman Jawa Barat Dominikus Dalu mengatakan di Tanah Air terjadi penambahan kasus Covid-19 sebanyak 2.925 kasus per 23 Januari 2022. Namun, penyelenggara pendidikan masih tetap melaksanakan PTM 100 persen di tengah adanya kekhawatiran tersebut.

"Apalagi, Jawa Barat menempati urutan kedua daerah penyumbang kasus harian Covid-19 setelah Provinsi DKI Jakarta. Berdasarkan data tersebut, diperlukan langkah antisipatif dan perlindungan keselamatan siswa, guru dan tenaga kependidikan," kata Dominikus, Selasa (25/1/2022).

Menurutnya, para pemangku kebijakan khususnya di sektor pendidikan perlu mempertimbangkan dengan seksama data perkembangan kondisi Covid-19 sebagai dasar ilmiah dalam menerapkan PTM secara ketat dan penuh kehati-hatian.

Selain itu, dinas pendidikan juga diminta meningkatkan kapasitas Satuan Tugas Covid-19 di sekolah, serta koordinasi antar-instansi pemerintah terkait dukungan terhadap mobilitas anak-anak dan kegiatan di sekolah.

"Memastikan pembiasaan penerapan protokol kesehatan dan perilaku untuk mencegah penyebaran Covid-19 pada anak-anak mulai dari lingkungan keluarga," kata Dominikus.

Selain protokol kesehatan, menurutnya, dinas kesehatan juga diminta melakukan upaya perbaikan penyelenggaraan pembelajaran jarak jauh (PJJ) secara konkret.

"Melakukan mix method dalam penyelenggaraan pembelajaran dengan cara PTM 50 persen dan PJJ 50 persen, diatur secara proporsional," katanya.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

sekolah ombudsman Covid-19

Sumber : Antara

Editor : Ajijah

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
To top