Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Kredit Mesra BJB Merambah ke Bali

Dalam kegiatan ini secara simbolis Gubernur Jabar Ridwan Kamil memberikan Kredit Mesra kepada kelompok masyarakat dari 7 tempat ibadah umat Hindu atau pura dan 5 tempat ibadah umat Islam atau masjid, di Bali.
Wisnu Wage Pamungkas
Wisnu Wage Pamungkas - Bisnis.com 18 Januari 2022  |  14:48 WIB
Gubernur Jabar Ridwan Kamil (kiri) usai penandatanganan kerja sama antara Jabar dan Bali, bersama Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati.
Gubernur Jabar Ridwan Kamil (kiri) usai penandatanganan kerja sama antara Jabar dan Bali, bersama Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati.

Bisnis.com, BANDUNG - Salah satu program unggulan Jawa Barat, Kredit Mesra (Kredit Masyarakat Ekonomi Sejahtera) kini bisa dimanfaatkan masyarakat Bali.

Program ini diluncurkan Gubernur Jabar Ridwan Kamil dalam kegiatan BJB Mesrakan Bali di Halaman Pasar Badung, Denpasar, Selasa (18/1).

Dalam kegiatan ini secara simbolis Gubernur Jabar Ridwan Kamil memberikan Kredit Mesra kepada kelompok masyarakat dari 7 tempat ibadah umat Hindu atau pura dan 5 tempat ibadah umat Islam atau masjid, di Bali.

Di kesempatan yang sama dilakukan juga penandatanganan kerja sama antara Jabar dan Bali, bersama Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati.

"Hari ini kami meluncurkan program yang di Jawa Barat sudah berlangsung, yaitu Kredit Mesra. Kredit ini adalah inovasi kepada masyarakat menengah bawah, menggabungkan Sila Pertama Ketuhanan Yang Maha Esa dengan Sila Kelima yaitu Keadilan Sosial Bagi Seluruh Masyarakat Indonesia," katanya.

Pemberian kredit Mesra disalurkan untuk warga di seputaran rumah ibadah agama masing-masing, tanpa agunan dan bunga, makanya bentuknya harus berkelompok. Di Jabar Kredit Mesra telah disalurkan kepada 7.696 penerima dengan plafon sebesar Rp29,9 miliar.

"Jadi kalau yang satunya repot, kita ngasih duitnya ke berlima orang atau bersepuluh orang, jika salah satu bermasalah, teman-temannya itu nanti membantu, dan hasilnya luar biasa, sudah puluhan miliar kita gelontorkan kepada masyarakat kurang mampu di sekitar rumah-rumah ibadah masing-masing," katanya.

Kredit Mesra adalah program kedua yang dilakukannya dalam rangka membangkitkan ekonomi Bali. Sebelumnya di bulan September merilis belibali, yakni kanal online untuk membeli mercendais produk kreatif Bali dari Jawa Barat.

"Sudah lebih dari Rp2 miliar transaksi, membuktikan masyarakat Jawa Barat walaupun belum berkunjung ke Bali sudah membeli produk-produk Bali. Inilah cara-cara solidaritas kita dengan ekonomi digital," katanya.

Bank BJB, ujarnya, punya cabang di Bali dan performanya sangat baik, menandakan apresiasi dari masyarakat Bali untuk BJB.

"Tolong sampaikan ke seluruh masyarakat Bali ya kalau butuh pinjaman berkelompok itu pakai saja Kredit Mesra, kredit tanpa bunga, tanpa bunga tanpa agunan, jadi sistemnya itu betul-betul sangat mudah asal mau saja, tapi berkelompok. Jadi ada administrasi tapi bukan bunga," katanya.

Kredit Mesra ini juga digulirkan untuk melawan rentenir atau pinjol ilegal yang memberatkan masyarakat Jabar dan Bali. Kredit ini adalah pinjaman 12 bulan dengan nilai sampai Rp5 juta.

Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati mengapresiasi kedatangan Gubernur yang selalu membawa kabar baik demi kemajuan dan kebangkitan ekonomi Bali.

"Ini itikad baik, sama-sama membangun kerja sama yang sejalan dengan Provinsi Bali, buat kebaikan sesama. Ini ada warga dapat pinjaman Rp 5 juta. Saya kira dengan niat kerjasama baik, akan berikan manfaat baik bagi masyarakat," katanya.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bali bank bjb ridwan kamil
Editor : Ajijah

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
To top