Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

BUMD Jabar Diminta Sinkronkan Program Kerja

Sekda Jabar mengajak unsur BUMD untuk membuat rencana kerja bersama. Apalagi setelah penyederhanaan birokrasi, kini hadir mekanisme kerja Team of Teams (ToTs).
Wisnu Wage Pamungkas
Wisnu Wage Pamungkas - Bisnis.com 09 Januari 2022  |  15:23 WIB
Sejumlah direksi BUMD Jabar
Sejumlah direksi BUMD Jabar

Bisnis.com, BANDUNG - Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Barat Setiawan Wangsaatmaja mengajak Badan Usaha Milik Daerah Jabar untuk menyinergikan program.

Keselarasan penting agar pembangunan serta cita- cita Jabar Juara Lahir Batin terakselerasi.

Ini dikatakan Sekda Jabar Setiawan saat rapat bersama para Direktur BUMD, Tim Penasihat Investasi Pemerintah Provinsi (PIPP) Jabar, dan para perangkat kerja terkait akhir pekan ini.

"BUMD harus bisa menyinergikan programnya khususnya terhadap program pembangunan Jawa Barat, jadi gerak langkah BUMD harus ada acuannya. Salah satu referensi BUMD mengarah ke sana (Program Pembangunan Jabar)," ujar Sekda Setiawan dalam pernyataan yang dikutip Minggu (9/1/2022).

Karenanya, Sekda Jabar mengajak unsur BUMD untuk membuat rencana kerja bersama. Apalagi setelah penyederhanaan birokrasi, kini hadir mekanisme kerja Team of Teams (ToTs). Dalam ToTs, pekerjaan dilakukan berbasis penugasan tim baik dalam organisasi ataupun lintas organisasi.

Sehingga tugas dikerjakan sesuai dengan core business. Dengan kata lain, penugasan dilakukan sesuai basis keahlian yang dimiliki oleh pegawai.

"Kita membuat rencana kerja bersama, saat ini sejak penyederhanaan birokrasi, kita membuat Team of Teams dalam langkah kerja kita, mekanisme serta hubungan kerja ASN sudah seperti itu dan kita lebarkan hingga teman -teman di BUMD akan terlibat tentunya," tutur Setiawan.

Selanjutnya, Sekda Setiawan menghendaki adanya pertemuan antara BUMD dengan lembaga keuangan. Sehingga hadir pula sinergi keuangan yang kuat.

"Saya kira ini juga sangat penting, 'Alignment Meeting' antara lembaga keuangan dan pelaku usaha karena di sini adalah salah satu kunci. Kita perlu sinergi keuangan antar BUMD, saya rasa ini adalah langkah- langkah yang baik," katanya.

"Kami berharap meeting yang besar ini terus ditindaklanjuti kepada yang lebih teknis mungkin kita akan adakan semacam 'Town Hall Meeting,' dengan topik atau tematik apa yang akan kita cari bersama," sambungnya.

Terakhir, Sekda berharap konsistensi dari para pihak untuk menjalankan program- program yang dirancang. Ia pun mendorong Tim PIPP untuk terus mengawal setiap proses bisnis yang dijalankan.

"Mudah- mudahan kita semua bisa melakukan secara konsisten dan dikawal terus oleh PIPP, kalau ada yang kurang sampaikan kepada kami," pungkasnya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

BUMD Jabar
Editor : Ajijah

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top