Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

PT Jaswita Jabar Fokus Genjot Proyek Strategis di Tahun 2022

BUMD milik Pemprov Jabar ini juga mulai membidik bisnis reparasi dan perawatan mobil dan motor jasa perbengkelan meliputi penjualan, perbaikan, perawatan dan suku cadang (spare part).
Wisnu Wage Pamungkas
Wisnu Wage Pamungkas - Bisnis.com 28 Desember 2021  |  17:57 WIB
RUPS-LB Jaswita pada Kamis (23/12 - 2021) lalu yang dihadiri oleh jajaran direksi dan komisaris, para pimpinan divisi, dan departeman di lingkungan kantor pusat, direksi dan komisaris anak perusahaan, serta pemegang saham perseroan
RUPS-LB Jaswita pada Kamis (23/12 - 2021) lalu yang dihadiri oleh jajaran direksi dan komisaris, para pimpinan divisi, dan departeman di lingkungan kantor pusat, direksi dan komisaris anak perusahaan, serta pemegang saham perseroan

Bisnis.com, BANDUNG--PT Jasa dan Kepariwisataan (Jaswita) Jabar bakal membidik sejumlah proyek strategis pada tahun 2022.

Tak hanya di bidang pariwisata, BUMD milik Pemprov Jabar ini juga mulai membidik bisnis reparasi dan perawatan mobil dan motor jasa perbengkelan meliputi penjualan, perbaikan, perawatan dan suku cadang (spare part).

Selain itu, rencana kerja operasional tahun 2022 akan difokuskan pada tiga hal, yaitu sistem akuntansi & keuangan, sumber daya manusia dan Good Corporate Governance (GCG). Pada sistem akuntansi & keuangan akan mengimplementasikan sistem informasi keuangan yang terintregasi.

Direktur Utama PT Jaswita Jabar Deni Nurdiyana Hadimin mengatakan, di tahun 2022, Jaswita menetapkan strategi untuk menjalankan bisnis inti di bidang kepariwisataan, properti dan jasa.

Strategi Unit bisnis yang akan dilaksanakan meliputi aktivitas agen perjalanan meliputi penyelenggaraan tour dan jasa yang tidak terbatas pada destinasi wisata, industri pariwisata dan pemasaran pariwisata.

Pada bidang properti akan dilaksanakan kegiatan pembangunan kawasan, pembangunan residensial dan pembangunan tanah dan bangunan. Strategi pada unit bisnis perdagangan, reparasi dan perawatan mobil dan motor jasa perbengkelan meliputi penjualan, perbaikan, perawatan dan suku cadang (spare part).

Adapun rencana kerja pengembangan bisnis Jaswita di tahun 2022 meliputi pembangunan Pondok Seni Pangandaran, franchise café & resto di area Braga, pembangunan Jaswita Wisma Capsule di jalan Ambon, renovasi dan pengelolaan Grand Hotel Preanger, pembangunan Pasar Kreatif Jawa Barat, dan pembangunan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) di Ciater.

Kemudian, pembangunan Hotel Bintang 3 di BIJB, pembangunan hotel di Wastukencana, revitalisasi Eks-Palaguna, pengembangan Desa Wisata Selasari, renovasi dan pengelolaan Hejo Forest di Ciwidey.

Selain itu, ada pula pengembangan dan pengelolaan Kapal Pinisi di Labuan Bajo dan pengembangan Platform E-Commerce Jaswita (Gurilaps) dengan total nilai investasi sekitar Rp1,9 triliun.

Deni mengakui, tahun 2021 masih merupakan tahun yang banyak memberikan tantangan kepada Jaswita Jabar.

"Harus diakui, pandemi Covid-19 dan masih adanya berbagai kebijakan pembatasan dengan tujuan untuk pencegahan Covid-19 menjadi salah satu kendala dalam upaya Jaswita Jabar untuk ngabret di tahun 2021," ungkapnya, Selasa (28/12/2021).

Namun beragam tantangan ini tidak membuat semangat Jaswita Jabar turun.

"Pada tahun 2021 ini, kami tetap berinovasi dan membangun kolaborasi dengan banyak pihak, agar Jaswita Jabar tetap bertumbuh meski masih belum mencapai target yang diinginkan," tegas Deni.

Salah satu buktinya, adalah 19 penghargaan yang diraih Jaswita Jabar selama tahun 2021.

"Alhamdulillah, 19 penghargaan ini menjadi salah satu yang memicu kami untuk tidak menyerah dengan keadaan. Mudah-mudahan ke depan, kondisi akan semakin membaik, iklim usaha kembali tumbuh dan Jaswita Jabar bisa kembali ngebut menyelesaikan beberapa pekerjaan rumah yang tertunda," tegasnya.

Deni berharap, dengan terlaksananya RUPS-LB dalam hal penetapan tiga agenda utama ini Jaswita Jabar mampu mencapai target yang telah ditentukan, membangun hubungan lebih luas dengan mitra, dan mengembangkan bisnis yang ada sehingga pertumbuhan ekonomi kreatif semakin meningkat.

PT Jaswita Jabar juga sudah melaksanakan Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPS-LB) di Hotel Salak Bogor, Kamis (23/12/2021) lalu. RUPS-LB dihadiri oleh jajaran direksi dan komisaris, para pimpinan divisi, dan departeman di lingkungan kantor pusat, direksi dan komisaris anak perusahaan, serta pemegang saham perseoran yang diwakili oleh Plt Kepala Biro BUMD, Investasi dan Administrasi Pembangunan Irfan Hadisiswanto.

RUPS-LB Jaswita kali ini menetapkan tiga agenda utama, yaitu penetapan rencana bisnis perseoran tahun 2022, penetapan Rencana Kerja dan Anggaran Perusahaan (RKAP) tahun 2022, serta penetapan berakhirnya masa jabatan Sri Mulyono dari jabatan anggota Dewan Komisaris dan Agoes Darmadi dari jabatan Direktur Operasional.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

BUMD Jabar
Editor : Ajijah

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
To top