Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ribuan Buruh Pabrik Rokok di Cirebon Dapat BLT dari Cukai Tembakau

Bupati Cirebon Imron Rosyadi mengatakan DBHCHT diperuntukkan untuk tiga program, salah satunya pembinaan lingkungan sosial. Pemberian BLT ini, merupakan salah satu bentuk kepedulian pengusaha kepada para buruhnya.
Hakim Baihaqi
Hakim Baihaqi - Bisnis.com 01 Desember 2021  |  13:22 WIB
Ilustrasi - Antara
Ilustrasi - Antara

Bisnis.com, CIREBON - Sebanyak 3.035 buruh pabrik rokok di Kabupaten Cirebon, Jawa Barat mendapatkan bantuan langsun tunai (BLT) pada masa pandemi Covid-19. Bantuan tersebut berasal dari dana bagi hasil cukai hasil tembakau (DBHCHT).

Bupati Cirebon Imron Rosyadi mengatakan DBHCHT diperuntukkan untuk tiga program, salah satunya pembinaan lingkungan sosial. Pemberian BLT ini, merupakan salah satu bentuk kepedulian pengusaha kepada para buruhnya.

"Kami menyambut baik program bantuan ini. Secara tidak langsung, bantuan tersebut bisa meningkatkan perekonomian para buruh pabrik rokok di Kabupaten Cirebon," kata Imron saat sosialisasi program pembinaan lingkungan sosial bagi buruh rokok di Hotel Sutan Raja, Kabupaten Cirebon, Rabu (1/12/2021).

Imron mengatakan, cukai dari tembakau ini mempunyai peran penting untuk pembangunan di daerag. Semakin besar pendapatan yang berhasil dihimpun, maka pembangunan bakal lebih optimal.

Selain itu, kata Imron, pengusaha yang ada di Kabupaten Cirebon diminta untuk tidak melupakan kewajiban membayar pajak serta tanggung jawab sosial perusahaan atau corporate social responsibility (CSR).

"Kepada pengusaha yang lain, harus mementingkan membayar pajak. Pajak sendiri untuk mendorong pembangunan dan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Cirebon," katanya.

Ia mengimbau, kepada masyarakat di Kabupaten Cirebon agar membeli rokok yang menggunakan pita cukai legal. Semakin tingginya pembelian, maka DBHCHT tiap tahunnya bisa terus meningkat. "Mohon kerjasamanya untuk masyarakat," katanya.

Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Cirebon Iis Krisnandar mengatakan, ribuan buruh yang mendapatkan BLT dari DBHCHT ini berasal dari empat perusahaan pabrik rokok di Kabupaten Cirebon.

Masing-masing, kata Iis, mendapatkan BLT sebesar Rp550.000. Bantuan tersebut rencananya bakal diberikan setiap tahunnya kepada buruh pabrik rokok.

"Desember ini bantuan langsung cair ke masing-masing rekening penerima. Mudah-mudahan tidak ada halangan," katanya.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

cirebon DBHCHT
Editor : Ajijah

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top