Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pimpin Apel Siaga Bencana, Ridwan Kamil Pastikan Kesiapan Pasukan

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan mayoritas kebencanaan yang terjadi adalah bencana hidrologis. Untuk Jabar tengah ke utara bencana hidrologis rata-rata berupa banjir, sementara Jabar tengah ke selatan longsor.
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil/Bisnis
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil/Bisnis

Bisnis.com, BANDUNG — Sejak Oktober-November 2021, kejadian bencana di Jawa Barat sudah mencapai 500 kasus. Status Siaga Satu kebencanaan ditetapkan agar seluruh kabupaten/kota waspada akan munculnya potensi bencana.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan mayoritas kebencanaan yang terjadi adalah bencana hidrologis. Untuk Jabar tengah ke utara bencana hidrologis rata-rata berupa banjir, sementara Jabar tengah ke selatan longsor. BMKG sendiri menurutnya sudah memberikan peringatan berupa prediksi musim hujan dari Desember hingga Januari.

“Sehingga dari Oktober kita sudah siaga satu dan sekarang penguatan mengunjungi lagi para pasukan,” katanya dalam apel siaga bencana di Bandung, Selasa (23/11/2021).

Pihaknya memastikan pasukan kebencanaan di Jabar sangat siap. Menurutnya ada tambahan peralatan baru, dapur umum dari Kodam yang terbilang canggih melengkapi dapur umum yang sudah disediakan sejumlah institusi termasuk Basarnas, kepolisian, Dinas Sosial dan lain-lain.

“Kita ada peralatan mengubah air sungai laik minum, jika di titik kebencanaan butuh air bersih yang memadai, kita ada filter air,” tuturnya.

Dari laporan yang didapat pihaknya, saat ini sudah ada 500-an laporan kebencanaan dari daerah. Dia berharap tahun ke tahun jumlahnya makin berkurang. Salah satu upaya yang dilakukan adalah mengurangi bencana banjir di kawasan Bandung Raya. Namun begitu pihaknya juga memberikan atensi pada sejumlah daerah yang memiliki titik rawan bencana.

“Per hari ini di era curah hujan tinggi Jabar Selatan jadi prioritas dari mulai Garut Selatan, Cianjur Selatan, Sukabumi Selatan dan khususnya Kabupaten Bogor yang paling tinggi dan terus kita berikan atensi,” tuturnya.

Ridwan Kamil juga memastikan cetak biru Jabar Resiliance Province akan mengatur segala sesuatu tentang mitigasi bencana, mulai dari pelatihan hingga anggaran. Pihaknya akan terus memperbaiki cetak biru ini jika dirasa memiliki kekurangan.

“Tanggal 30 seluruh Bupati dan Wali Kota akan saya kumpulkan di Bogor dan Depok salah satu poinnya mengevaluasi respons terhadap potensi kebencanaan. Intinya kami sangat siap menolong warga terkena bencana, peralatan sudah lengkap. Tapi yang terpenting adalah preventif atau mitigasi bukan aksinya terutama longsor yang potensi korban jiwanya jauh lebih besar dibandingkan banjir. Longsor suka menyergap di malam hari  di lahan miring, itu yang saya ingatkan ke Babinsa Bhabinkamtibmas untuk mengingatkan warga di daerah curam dan pinggir sungai,” paparnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper