Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Diganjar Penghargaan, PJT II Jatiluhur Masuk Kualifikasi Badan Publik Informatif

Keterbukaan informasi publik menjadi pondasi utama dalam penerapan tata kelola perusahaan yang baik dan transparan.
Asep Mulyana
Asep Mulyana - Bisnis.com 28 Oktober 2021  |  10:56 WIB
Diganjar Penghargaan, PJT II Jatiluhur Masuk Kualifikasi Badan Publik Informatif
Wakil Presiden Ma'ruf Amin dan Direktur Utama Jasa Tirta II, Imam Santoso.

Bisnis.com, PURWAKARTA - Pemerintah mengganjar penghargaan untuk Jasa Tirta II, sebagai peraih kualifikasi badan publik informatif. Perusahaan pengelola air Waduk Jatiluhur ini, meraih skor 90,81 pada kategori BUMN, dalam Penganugerahan Keterbukaan Informasi Badan Publik Tahun 2021.

Penghargaan tersebut, diserahkan langsung oleh Wakil Presiden Ma'ruf Amin melalui layanan virtual belum lama ini. Adapun penerima penghargaan ini, Direktur Utama Jasa Tirta II, Imam Santoso.

Imam Santoso mengatakan, keterbukaan informasi publik menjadi pondasi utama dalam penerapan tata kelola perusahaan yang baik dan transparan. Dengan demikian, jajarannya senantiasa akan terus berupaya melakukan perbaikan dalam implementasi keterbukaan informasi publik.

"Tahun ini, kita memiliki inovasi melalui aplikasi SIPPID Jasa Tirta II untuk memudahkan permintaan informasi publik," ujarnya, Kamis (28/10/2021).

Dengan penghargaan ini, semoga kedepannya menjadi penyemangat bagi PPID Jasa Tirta II untuk memberikan pelayanan informasi publik yang lebih baik lagi. Tentunya, sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Penghargaan informatif ini, diberikan setelah Jasa Tirta II dan badan publik lainnya melewati serangkaian proses monitoring dan evaluasi (Monev) 2021 oleh Komisi Informasi Pusat. Adapun penilaiannya, meliputi self assessment kuesioner melalui aplikasi online, pengiriman video inovasi layanan informasi publik, dan pendalaman materi melalui presentasi yang digelar secara virtual.

Tahun ini, Jasa Tirta II melakukan optimalisasi media digital melalui penggunaan aplikasi SIPPID dan kolaborasi dengan influencer lokal di media sosial Instagram. Salah satu tujuannya menggandeng influencer adalah untuk menyosialisasikan aplikasi tersebut.

"Kami, punya visi bahwa PPID Jasa Tirta II menjadi pusat pelayanan informasi dan edukasi tentang sumber daya air yang unggul dan transparan dengan melaksanakan keterbukaan informasi publik," ujarnya.

Untuk penghargaan tersebut, ada enam perusahaan BUMN yang meraih kategori informatif. Masing-masing, PT Kereta Api Indonesia (Persero), PT Industri Telekomunikasi Indonesia (Persero), PT Len Industri (Persero), Perum Jasa Tirta II, PT Pertamina (Persero), dan PT Angkasa Pura I (Persero).

Dalam sambutannya, Wakil Presiden Republik Indonesia, Ma’ruf Amin, mengatakan pihaknya memberikan apresiasi terhadap Penganugerahan Keterbukaan Informasi Publik sebagai bentuk pengawasan dan evaluasi capaian keterbukaan informasi badan publik pemerintah/non pemerintah. Serta mengawal penguatan akuntabilitas badan publik.

"Penganugerahan ini, merupakan kesempatan yang baik bagi badan publik untuk terus mengakselerasi upaya-upaya terbaik. Terutama, mengenai keterbukaan informasi melalui berbagai inovasi," ujarnya. (K60)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pemprov jabar perum jasa tirta ii spam jatiluhur waduk jatiluhur
Editor : Miftahul Ulum

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
back to top To top