Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

WJIS 2021: Upaya Ridwan Kamil Bangun Rebana dan Jabar Selatan Kantongi Perpres 87/2021

Ridwan Kamil berhasil meyakinkan Presiden Joko Widodo dan jajaran untuk membekali rencana pengembangan di kawasan Rebana dan Jawa Barat bagian selatan dengan Peraturan Presiden Nomer 87/2021.
Gubernur Jabar Ridwan Kamil menandatangani nota kesepahaman bersama para bupati di wilayah Jabar selatan terkait kesepakatan pengembangan Jawa Barat selatan./Bisnis-Wisnu Wage
Gubernur Jabar Ridwan Kamil menandatangani nota kesepahaman bersama para bupati di wilayah Jabar selatan terkait kesepakatan pengembangan Jawa Barat selatan./Bisnis-Wisnu Wage

Bisnis.com, BANDUNG — Upaya Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil membangun lompatan ekonomi di kawasan Jabar Utara dan kesetaraan Jabar bagian Selatan mulai berbuah.

Pihaknya berhasil meyakinkan Presiden Joko Widodo dan jajaran untuk membekali rencana pengembangan di kawasan Rebana dan Jawa Barat bagian selatan dengan Peraturan Presiden Nomor 87/2021 tentang percepatan pembangunan di kawasan Rebana dan Jawa Barat bagian Selatan.

Perpres tersebut membuat kawasan yang berada di 7 kabupaten/kota yakni Subang, Majalengka, Sumedang, Indramayu, Cirebon dan Kuningan dan 6 daerah di selatan yakni Sukabumi, Cianjur, Garut, Ciamis, Tasikmalaya, dan Pangandaran akan mendapatkan intervensi pendanaan dari APBN dan sumber pendanaan lain.

Penyerahan Perpres 87/2021 diberikan oleh Deputi Ekonomi Sekretariat Kabinet Shatya Bhakti Parikesit pada Gubernur Jabar Ridwan Kamil di acara West Java Investment Summit (WJIS) 2021 kolaborasi DPMPTSP Jabar dan BI di Savoy Homann Hotel Bandung, Kamis (21/10/2021).

Di tempat yang sama, Gubernur Jabar Ridwan Kamil sekaligus menandatangani nota kesepahaman bersama para bupati di wilayah Jabar selatan terkait kesepakatan pengembangan Jawa Barat selatan.

Ridwan Kamil mengatakan sejak awal Presiden Jokowi menaruh perhatian khusus pada rencana pihaknya mengembangkan kawasan di pantai utara dan selatan Jawa Barat tersebut.

“Kami mendapatkan komitmen lewat Perpres 87/2021 sekitar Rp400 triliun sampai 2024 akan digelontorkan untuk Rebana dan kesetaraan di Selatan. Ini komitmen tinggi pemerintah pusat, insyaallah lompatan ekonomi di Jabar akan luar biasa,” katanya.

Khusus Rebana diyakinkan pihaknya sebagai kawasan di Indonesia yang paling siap dan memenuhi prasyarat pengembangan wilayah. “Saya lapor Pak Jokowi, menceritakan, tidak ada di Republik ini wilayah sehebat dan seprospek seperti Rebana,” katanya

Menurutnya ditopang Pelabuhan Patimban di Subang, Bandara Internasional Kertajati di Majalengka, dan dilengkapi urat nadi Tol Cipali juga kereta api, kawasan ini paling siap menampung investasi.

Dari sisi lahan yang masih relatif murah, dan upah yang masuk ke kelompok menengah ke bawah, jika dibandingkan wilayah lain, Ridwan Kamil menilai Rebana lebih unggul.

“Jadilah, Pak Jokowi memastikan akan ada Perpres Pengembangan Rebana, alhamdulllah. Ini mejadi dasar hukum APBN akan all out,” katanya.

Perpres tersebut rencananya akan digabung dengan pengembangan Jawa Bagian Selatan yang juga menjadi perhatian pemerintah. Kang Emil—panggilan akrab Ridwan Kamil menilai adanya Perpres ini maka seluruh pembangunan di kawasan Rebana dan Jawa Barat selatan bisa diintegrasikan.

“Bagi saya Perpres ini, bagi Rebana adalah lompatan, untuk Jawa Barat Selatan adalah kesetaraan. Untuk kawasan Rebana, total ada 81 proyek sekitar Rp400 triliun,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler