Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Karawang Masuk PPKM Level 3 karena Rendahnya Vaksinasi Lansia

Sampai saat ini, lansia yang sudah di vaksin pada dosis pertama baru 57.389 atau mencapai 37,5 persen. Sedangkan, yang dosis dua lebih rendah lagi yakni baru 35.138 jiwa atau setara dengan 22,90 persen.
Ilustrasi/Antara
Ilustrasi/Antara

Bisnis.com, KARAWANG - Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Karawang terus menggencarkan vaksinasi terhadap lansia mengingat hingga saat ini sasaran vaksinasi lansia masih jauh dari pada target.

Juru Bicara Satuan Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Karawang Fitra Hergyana mengatakan target sasaran lansia mencapai 153.437 jiwa. Sampai saat ini, lansia yang sudah di vaksin pada dosis pertama baru 57.389 atau mencapai 37,5 persen. Sedangkan, yang dosis dua lebih rendah lagi yakni baru 35.138 jiwa atau setara dengan 22,90 persen.

"Makanya, kita terus mendorong supaya vaksinasi lansia ini bisa terus dipercepat," ujar Fitra, melalui rilis yang diterima Bisnis.com, Selasa (5/10/2021).

Salah satu upayanya, yaitu melalui program vaksinasi keluarga. Jadi, pihaknya meminta kepala desa, camat dan warga untuk mengajak keluarganya yang lansia untuk mengikuti vaksinasi.

Adapun vaksinasi ini, bisa ke bidan atau ke sentra-sentra vaksin. Seperti, ke puskesmas. Dengan cara ini, diharapkan jangkauan vaksinasi untuk lansia bisa lebih luas lagi. Sehingga, angka partisipasi vaksinasinya bisa terus meningkat.

Saat ini, lanjut Fitra, level pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) Karawang kembali naik menjadi PPKM level 3, dari sebelumnya level 2.

Salah satu indikatornya, adalah kurang tercapainya vaksinasi untuk lansia. Disebutkan Fitra, ada penambahan indikator dalam PPKM yakni targetan vaksinasi. Ia mencontohkan untuk target vaksinasi secara umum 50 persen dan vaksinasi lansia 40 persen. Untuk secara umum, vaksinasi sudah sesuai target.

"Namun, khusus untuk lansia, kita baru mencapai 37,5 persen," jelasnya. (K60)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Asep Mulyana
Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper