Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

BNPB: Transisi Pandemi ke Endemi Tinggal Mendetailkan Langkah Teknis

Kepala Pusdiklat Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Berton Suar Pelita Panjaitan mengatakan persiapan menuju endemi ada di ranah Kementerian Kesehatan. Namun untuk menuju endemi, BNPB sebagai koordinator kegiatan kebencanaan juga sudah mulai bergerak.
Wisnu Wage Pamungkas
Wisnu Wage Pamungkas - Bisnis.com 14 September 2021  |  14:02 WIB
Ilustrasi - Bisnis
Ilustrasi - Bisnis

Bisnis.com, BANDUNG — Pemerintah Pusat terus mempersiapkan sejumlah tahapan transisi pandemi menuju endemi Covid-19. Pendetailan langkah-langkah teknis akan dibahas stakeholder terkait dalam waktu dekat.

Kepala Pusdiklat Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Berton Suar Pelita Panjaitan mengatakan persiapan menuju endemi ada di ranah Kementerian Kesehatan. Namun untuk menuju endemi, BNPB sebagai koordinator kegiatan kebencanaan juga sudah mulai bergerak.

“Kami lakukan koordinasi dengan Kemenkes, kementerian-kementerian terkait lainnya misalnya Kemendagri, Kemenlu dan Kemenhub,” katanya dalam acara simulasi kebencanaan Jawa Barat di Hotel Papandayan, Bandung, Selasa (14/9/2021).

Menurutnya persiapan menuju endemi sudah menjalani pembahasan dan pembicaraan yang cukup intens di level atas, dalam waktu dekat kemungkinan Kemenkes bersama kementerian dan lembaga lain akan melakukan langkah-langkah mendetailkan persiapan hingga ke tingkat bawah.

“Sekarang baru dari level koordinasi, Kemenkes sebenarnya sedang membuat langkah menuju ke sana, yang akan dikoordinasikan ke daerah oleh Mendagri. Mendagri akan meneruskan kepada gubernur terkait langkah secara detail dari Kemenkes,” tuturnya.

Berton sendiri menilai dari kajian yang ada, persiapan menuju endemi dilakukan setelah pandemi berjalan dua-tiga tahun. Dari hitungan saat ini, pandemi Covid-19 sudah berjalan hampir dua tahun.

“Ini menuju dua tahun, langkah itu akan dibuat, itu sih sepanjang pengetahuan saya. Saya belum tahu stand pendirian pemerintah kapan, tapi secara keilmuan setelah 2-3 tahun diupayakan menjadi pandemi,” tuturnya.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan bahwa pemerintah akan segera memulai upaya transisi dari pandemi Covid-19 menjadi endemi. Menurutnya, virus Covid-19 tidak akan hilang dalam waktu singkat sehingga masyarakat harus siap hidup berdampingan Covid-19.

Presiden mengatakan seluruh pihak perlu mulai belajar hidup bersama dengan Covid-19. Hal tersebut penting agar masyarakat tidak memiliki euforia yang berlebihan dan tetap waspada terhadap bahaya Covid-19 yang setiap saat bisa menyerang.

“Ini penting, saya sampaikan agar kita tidak euforia yang berlebihan, senang-senang yang berlebihan, karena kita dan semuanya harus sadar bahwa Covid-19 selalu mengintip kita,” ujarnya.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bnpb Covid-19
Editor : Ajijah

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top