Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Menilik Semangka GARNIS F1 yang Diberikan Ewindo untuk Nakes di Purwakarta

Benih dari semangka ini, pembuahannya diklaim sangat mudah, tahan simpan, toleran terhadap penyakit Downey Mildew dengan produktivitas 15–20 ton per hektare.
Melon ALINA F1 dan semangka GARNIS F1/Bisnis-Asep Mulyana
Melon ALINA F1 dan semangka GARNIS F1/Bisnis-Asep Mulyana

Bisnis.com, PURWAKARTA – Sebagai produsen benih unggulan, PT East West Seed Indonesia (EWINDO) ternyata tak hanya memproduksi benih sayuran untuk mendukung program ketahanan pangan. Tapi, ada juga benih buah-buahan bernutrisi tinggi yang diciptakan.

General Manager Corporate Affairs PT EWINDO Fransiska Fortuna menuturkan, selama ini perusahaannya telah memproduksi sekitar 150 varietas benih. Paling mendominasi itu benih sayuran di antaranya seperti kangkung, bayam, pakcoy.

“Untuk buah-buahan, ada 9 varietas yang telah dikembangkan,” ujar Fransiska di sela-sela kegiatan penyaluran paket buah-buahan untuk tenaga kesehatan di Siloam Hospital Purwakarta, Jumat (27/8/2021).

Adapun benih buah yang telah diproduksi, kata dia, di antaranya Melon ALINA F1 dan semangka GARNIS F1. Pihaknya mengklaim, keunggulan dari dua jenis buah tersebut di antaranya kaya akan nutrisi. Melon ALINA F1, kata dia, merupakan melon yang tahan terhadap virus Gemini, rasanya manis dengan tingkat Brix 11-13 persen.

“Melon jenis ini juga tahan simpan dan angkut. Selain itu, tahan di-ethrel dan produktivitasnya bisa mencapai 40-50 ton per hektare.

Sedangkan, lanjut dia, untuk semangka GARNIS F1, merupakan semangka daging kuning dengan ukuran buah besar dan berbobot. Benih dari semangka ini, pembuahannya diklaim sangat mudah, tahan simpan, toleran terhadap penyakit Downey Mildew dengan produktivitas 15–20 ton per hektare.

“Tadi pagi, kami telah menyalurkan semangka dan melon yang diproduksi dari benih kami untuk para Nakes di Siloam. Buah-buahan ini diharapkan bisa menjadi nutrisi tambahan bagi mereka yang menjadi garda terdepan dalam melayani masyarakat di situasi wabah corona ini,” kata dia.

Adapun bantuan buah-buahan ini, disalurkan sebanyak 400 paket. Bantuan ini, juga merupakan wujud dukungan perusahaannya dalam program Gelar Buah Nusantara (GBN) yang sedang dicanangkan pemerintah. Program ini, merupakan upaya pemerintah meningkatkan konsumsi buah-buahan lokal yang dikembangkan petani Indonesia.

Terkait penanganan pandemi Covid-19 di lingkungan perusahaan, EWINDO juga telah melaksanakan vaksinasi gotong royong untuk 500 karyawan dan keluarganya. Membagikan 200.000 masker ke petani di seluruh Indonesia, membagikan APD kepada tenaga kesehatan, mengedukasi petani dan toko-toko pertanian dengan menyediakan fasilitas cuci tangan, juga memberikan bantuan tabung oksigen kepada rumah sakit-rumah sakit yang ada di Purwakarta.

“Penanganan pandemi Covid-19 adalah kunci untuk pemulihan ekonomi nasional. Kami optimistis dengan kolaborasi multi pihak pandemi dapat terkendali dan ekonomi dapat tumbuh semakin positif pada tahun ini,” pungkasnya. (K60)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Asep Mulyana
Editor : Ajijah

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper