Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kebutuhan Oksigen di RS Immanuel Kembali Dipasok

Selain mengirim liquid oksigen, Satgas Oksigen Jabar mendistribusikan juga tabung oksigen berbagai ukuran hasil kolaborasi.
Ilustrasi/Antara
Ilustrasi/Antara

Bisnis.com, BANDUNG--Pemprov Jawa Barat melalui Satuan Tugas (Satgas) Oksigen Jabar terus bergerak cepat memasok oksigen ke rumah sakit-rumah sakit yang kebutuhannya sangat mendesak. Salah satunya ke Rumah Sakit Immanuel.

Asisten Daerah (Asda) Bidang Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah (Setda) Provinsi Jabar Taufiq Budi Santoso menuturkan, selain mengirim liquid oksigen, Satgas Oksigen Jabar mendistribusikan juga tabung oksigen berbagai ukuran hasil kolaborasi.

"Untuk Rumah Sakit Immanuel telah dilakukan juga bantuan distribusi oksigen melalui Posko Oksigen dan mengoordinasikan penyaluran oksigen liquid dari bantuan Kemenkes," kata Taufiq, Rabu (21/7/2021).

Oksigen yang dikirim ke Rumah Sakit Immanuel berupa 15 tabung ukuran 6 meter kubik, 22 tabung ukuran 1 meter kubik dan 3 VGL dari distributor PT Sari Angin. Satgas Oksigen Jabar pun mengirim 16 tabung ukuran 1 meter kubik dari buffer stock Posko Oksigen Jabar.

"Telah dikirimkan 3 ton oksigen liquid dari PT Samator Cibitung yang bersumber dari bantuan Kemenkes RI sebagai hasil komunikasi di Posko Oksigen Jabar," ucap Taufiq.

Taufiq mengatakan, komunikasi dan kolaborasi pun intens dilakukan pihaknya, baik dengan BUMN maupun swasta, untuk memenuhi kebutuhan oksigen rumah sakit di Jabar.

Sebelumnya, abar Quick Response (JQR) merespons cepat laporan dari rumah sakit-rumah sakit yang membutuhkan oksigen untuk penanganan pasien Covid-19.

Selain mengirim enam tabung oksigen ke Rumah Sakit Immanuel, JQR pun menyalurkan tabung oksigen ke sejumlah rumah sakit di Jabar.

Koordinator Media dan Pelayanan Informasi JQR Aditya Sanggaputra menuturkan, pihaknya mendapat laporan dari masyarakat terkait Surat Edaran dari Rumah Sakit Immanuel mengenai stok oksigen yang menipis. Setelah mendapat laporan, JQR langsung mengonfirmasi kepada Rumah Sakit Immanuel.

"Jadi tanggal Senin 19 Juli 2021 pukul 23.00 kemarin, JQR mendapatkan laporan dari warga terkait surat edaran dari Rumah Sakit Immanuel tentang akan habisnya stok oksigen dalam 2-3 jam ke depan," kata Aditya, Selasa (20/7/2021).

"Setelah dipastikan bahwa laporan tersebut benar, setengah jam kemudian kami lalu mengirimkan tim kami untuk mendistribusikan bantuan oksigen sebanyak 5 tabung ukuran 6 meter kubik, 1 tabung ukuran 1 meter kubik," imbuhnya.

Menurut Aditya, tabung oksigen yang dikirim ke sejumlah rumah sakit merupakan bantuan dari PT Eigerindo MPI dan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Provinsi Jabar.

"Di mana keduanya sebelumnya telah berkolaborasi bersama kami dalam upaya pemenuhan tabung oksigen bagi warga Jabar yang membutuhkan," ucapnya.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper