Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Seluruh Desa di Purwakarta Telah Miliki Tempat Isolasi Mandiri

Pemerintah desa kebanyakan menggunakan aula. Namun, ada juga yang menyewa rumah untuk isolasi mandiri.
Seorang perempuan sedang isolasi mandiri di rumahnya/Ilustrasi
Seorang perempuan sedang isolasi mandiri di rumahnya/Ilustrasi

Bisnis.com, PURWAKARTA – Pemkab Purwakarta memastikan setiap desa di wilayah ini sudah memiliki ruang isolasi untuk penganan Covid-19. Termasuk, telah menyiapkan posko Satgas Covid tingkat desa dan memberlakukan PPKM mikro hingga tingkat RT/RW.

“Di kita ada 182 desa dan 9 kelurahan. Sejak lama, seluruhnya sudah menyiapkan ruang isolasi sesuai arahan dari pemerintah,” ujar Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Jaya Pranolo saat berbincang dengan Binsin.com, Jumat (25/6/2021).

Jaya menjelaskan untuk ruang isolasi mandiri di setiap desa, pemerintah desa kebanyakan menggunakan aula. Bahkan, ada juga yang menyewa rumah untuk isolasi mandiri.

Menurut dia, dengan disiapkannya ruang isolasi di setiap desa, sedikit banyaknya bisa meminimalisasi overload keterisian rumah sakit rujukan. Pihaknya pun telah berpesan kepada para kepala desa untuk menguatkan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat terkait isolasi mandiri ini.

“Jadi, kalau yang gejalanya ringan jangan keukeuh ingin dirawat di rumah sakit. Sementara, bisa memanfaatkan ruang isolasi di desa masing-masing,” jelas dia.

Sebelumnya, Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil berpesan supaya para kepala desa bisa menguatkan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat terkait isolasi mandiri.

Jangan sampai, warga yang terkonfirmasi positif ingin isolasi mandiri namun sebelumnya tidak memerhatikan kondisi lingkungannya.

“Kalau memang kondisi ruangan di rumah atau lingkungannya memungkinkan ya silakan. Tapi, lebih bagusnya arahkan untuk diisolasi di tempat yang telah disiapkan pemerintah. Supaya terpantau. Harus ditekankan edukasinya, jangan sampai terjadi klaster keluarga,” ujar Kang Emil saat ke Purwakarta

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Asep Mulyana
Editor : Saeno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper