Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Disparbud Jabar: Seluruh Objek Wisata di Zona Merah Wajib Tutup Satu Pekan

Disparbud juga mengimbau agar tempat yang dapat menimbulkan kerumuman seperti hotel, restoran, rumah makan diminta selalu secara ketat menerapkan protokol kesehatan, membatasi jumlah pengunjung sesuai level kewaspadaan dan pembatasan jam operasional.
Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud ) Jawa Barat Dedi Taufik
Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud ) Jawa Barat Dedi Taufik

Bisnis.com, BANDUNG - Penutupan objek wisata di kawasan Bandung Raya sudah dikomunikasikan Pemprov Jawa Barat kepada seluruh stakeholder terkait.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud ) Jawa Barat Dedi Taufik mengaku sudah menindaklanjuti instruksi Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil melalui rapat koordinasi dengan Kepala Dinas Pariwisata se-Jawa Barat, PHRI, PUTRI dan GIPI Jabar.

Menurutnya pembahasan tersebut terkait dengan hasil Rapat Koordinasi Satgas Covid-19 yang menetapkan Kabupaten Bandung dan Kabupaten Bandung Barat menjadi zona merah status level kewaspadaan Covid-19.

“Sesuai instruksi Gubernur, bupati/wali kota sesuai kewenangannya agar menutup sementara objek wisata di kab/kota dengan status zona merah dalam waktu satu minggu ke depan,” katanya di Bandung, Rabu (17/6/2021) malam.

Selain itu, pihaknya juga mengimbau agar tempat yang dapat menimbulkan kerumuman seperti hotel, restoran, rumah makan diminta selalu secara ketat menerapkan protokol kesehatan, membatasi jumlah pengunjung sesuai level kewaspadaan dan pembatasan jam operasional.

"Hal penting yang harus diperhatikan yaitu prioritas keselamatan kemanusiaan dan pencegahan penyebaran Covid-19 dikarenakan tren kenaikan BOR sejak 16 Mei 2021 sampai saat ini terus meningkat,” kata Dedi.

Di tempat yang sama, Ketua PHRI Jawa Barat Herman Mochtar menyampaikan bahwa Gabungan Industri Pariwisata Indonesia (GIPI) mendukung kebijakan pemerintah terkait penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Daerah serta menyampaikan aspirasi agar segera memfasilitasi pelaku pariwisata untuk mendapat vaksinasi.

“Tadi ditanggapi oleh Sekretaris Daerah Jawa Barat dan telah menjadi prioritas dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Program vaksinasi kepada pelaku pariwisata akan segera dilakukan dan disebar proporsional kepada Pengelola Wisata, Asosiasi, Perhimpunan dan pelaku wisata lainnya,” terang dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper