Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Capain Vaksinasi di Kota Cirebon Termasuk yang Tertinggi di Jabar

Agus menyebutkan, urutan pertama cakupan tertinggi pelaksanaan vaksin Covid-19 yakni Kota Cimahi dan kedua Kota Bandung.
Hakim Baihaqi
Hakim Baihaqi - Bisnis.com 06 Juni 2021  |  15:23 WIB
Ilustrasi - Antara
Ilustrasi - Antara

Bisnis.com, CIREBON- Sekretaris Daerah (Sekda) Pemerintahan Kota Cirebon Agus Mulyadi mengklaim cakupan vaksinasi Covid-19 di Kota Cirebon tertinggi ketiga di Jawa Barat.

Agus menyebutkan, urutan pertama cakupan tertinggi pelaksanaan vaksin Covid-19 yakni Kota Cimahi dan kedua Kota Bandung.

"Cakupan vaksinasi Covid-19 dosis pertama di Kota Cirebon sebanyak 66,99 persen dan dosis kedua sebanyak 52,87 persen," kata Agus di Kota Cirebon, Minggu (6/6/2021).

Agus mengatakan, untuk cakupan vaksinasi Covid-19 untuk lanjut usia (lansia), Kota Cirebon masuk urutan keempat setelah Kota Bogor, Kota Cimahi dan Kota Bandung.

Tingginya cakupan vaksinasi, lanjut Agus, karena Kota Cirebon mulai menerapkan langkah strategis, mulai dari meningkatkan rata-rata harian orang yang divaksin setiap hari.

Cakupan harian yang semulai 600 per hari, kini ditingkatkan antara 1.500 hingga 3.000 orang per hari. Hal itu dilakukan dengan menjalin kerjasama dengan rumah sakit pemerintah, swasta, politeknik, fakultas kedokteran, dan layanan kesehatan lainnya.

“Sehingga bisa mempercepat pelaksanaan vaksinasi. Namun, hal itu juga bisa tergantung distribusi vaksin," katanya.

Lebih dari 31.700 warga dari jumlah sasaean 64.318 warga di Kota Cirebon, Jawa Barat, sudah mendapatkan cairan pembentuk imunitas tersebut.

Sekretaris Dinas Kesehatan Kota Cirebon Katibi mengatakan puluhan warga sudah mendapatkan vaksin tersebut merupakan tenaga kesehatan, pelayan publik, dan kelompok lanjut usia (lansia).

"Orang yang belum mendapatkan giliran vaksin karena masih menunggu kedatangan stok vaksin berikutnya," kata Katibi.

Selain itu, kata Katibi, pelaksanaan vaksinasi untuk lansia di Kota Cirebon belum meningkat secara signifikan. Hal tersebut karena terhambat bulan Ramadan dan libur Idulfitri 1442 H.

Untuk itu pihaknya mengimbau kepada anggota keluarga yang terdapat lansia di dalamnya agar bisa memotivasi sehingga bersedia untuk divaksin.

“Peran keluarga signifikan untuk memberikan motivasi, misalnya anak memotivasi orang tuanya yang sudah berusia lanjut,” katanya.

Petugas vaksinasi di Kota Cirebon melakukan jemput bola terhadap lansia yang bakal mendapatkan vaksin, di antaranya dengan melaksanakan penyuntikan di pos pelayanan di tiap RW. (K45)


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

cirebon Covid-19
Editor : Ajijah

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top