Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Desain Batik Ridwan Kamil Jadi Bahasan di Media Korea

Naver juga mewawancarai Ridwan Kamil secara khusus, di mana Gubernur Jawa Barat tersebut memuji padu padan batik dengan gaya anak muda yang dilakukan personel Super Junior.
Wisnu Wage Pamungkas
Wisnu Wage Pamungkas - Bisnis.com 26 Mei 2021  |  13:32 WIB
Gubernur Jabar Ridwan Kamil - Istimewa
Gubernur Jabar Ridwan Kamil - Istimewa

Bisnis.com, BANDUNG — Diplomasi budaya Ridwan Kamil dengan mengenalkan batik pada tamu dari Negara Asing berbuah manis, terutama usai desain batik rancangannya dikenakan dua personel K-Pop Super Junior Lee Teuk dan Ye Sung.

Kedua personel boyband ini memposting rancangan tersebut, alhasil menarik perhatian dan pembahasan di media Korea Selatan.

Salah satunya media daring berbahasa Korea n.news.naver.com. Mengambil judul “Alasan Super Junior pakai Batik Indonesia Pencernaan Inovatif" tulisan tersebut mengupas secara detil terkait batik yang menjadi ikon budaya Indonesia.

Naver juga memuji hasil karya desain Ridwan Kamil yang merancang batik tersebut lewat guratan tangannya pribadi. Penulis juga mewawancarai Ridwan Kamil secara khusus, di mana Gubernur Jawa Barat tersebut memuji padu padan batik dengan gaya anak muda yang dilakukan personel Super Junior.

"Saya sangat terkesan dengan bagaimana Leeteuk dan Yesung mencerna batik yang saya rancang dan buat dengan gaya mereka sendiri dengan sempurna."

"Super Junior mengekspresikan gaya pelapisan batik dengan sempurna untuk pertama kalinya. Tidak ada yang mencoba mengenakan jaket batik di atas kemeja batik," ujarnya.

Media tersebut juga mengulas batik adalah sebutan untuk pola geometris atau kain super celup (lilin lebah) unik yang berasal dari Indonesia. Dimana di Indonesia 1 juta orang bergerak di industri terkait.

“Banyak lembaga publik, perusahaan, dan sekolah di Indonesia menetapkan setiap hari Jumat sebagai hari batik dan memakainya dalam kehidupan sehari-hari. Pria Indonesia mengenakan kemeja batik keluar dari jalan tanpa memasukkannya ke dalam celana,” tulis Naver.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

ridwan kamil
Editor : Ajijah

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top