Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

1.500 Perusahaan di Karawang Belum Laporkan Karyawan yang Mudik

Ribuan karyawan yang mudik ini dipastikan telah kembali ke Karawang sebab libur Lebaran sudah usai dan aktivitas kembali normal.
Ilustrasi/Bisnis
Ilustrasi/Bisnis

Bisnis.com, KARAWANG - Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Karawang melansir pascalebaran, belum ada satupun perusahaan yang lapor soal karyawannya yang mudik.

Kepala Disperindag Kabupaten Karawang Ahmad Suroto mengatakan pihaknya sudah sosialisasikan larangan mudik bagi karyawan ke semua perusahaan.

Bahkan, perusahaan wajib memantau karyawannya melalui aplikasi khusus secara digital. Akan tetapi, pada kenyataannya diprediksi ribuan karyawan tetap mudik.

"Ribuan karyawan yang mudik ini dipastikan telah kembali ke Karawang sebab libur Lebaran sudah usai dan aktivitas kembali normal," ujar Suroto, kepada Bisnis.com, Selasa (25/5/2021).

Namun sayang, lanjut Suroto, sampai saat ini belum satupun perusahaan yang lapor ke pihaknya mengenai karyawan yang kembali mudik itu. Padahal, karyawan yang pulang mudik wajib menjalani rangkaian tes Covid-19.

Hal itu membuat pihaknya prihatin apalagi di Karawang ini terdapat 1.500 perusahaan.

Sementara itu, salah seorang karyawan perusahaan asal Jepang Ika Kanipa, 31, mengatakan dirinya tak bisa mudik saat Lebaran tahun ini. Selain karena ada larangan dari pemerintah, juga perusahaan mengawasi seluruh keberadaan karyawannya.

"Ada aplikasinya, semua karyawan tak boleh mudik. Jangankan untuk pulang kampung, kita bergerak ke minimarket dekat rumah saja, pimpinan di pabrik langsung menelpon menanyakan posisi," ujar warga Kecamatan Klari ini. (K60).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Asep Mulyana
Editor : Ajijah

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper