Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Setelah B117 UK, Belum Ada Lagi Varian Baru Covid-19 Masuk ke Jawa Barat

Ridwan Kamil mengatakan varian baru Covid-19 akan terdeteksi lebih awal mengingat pelaku perjalanan dari luar negeri asal Jawa Barat harus menghadapi pemeriksaan di Bandara Soekarno-Hatta.
Wisnu Wage Pamungkas
Wisnu Wage Pamungkas - Bisnis.com 24 Mei 2021  |  17:02 WIB
Gubernur Jabar Ridwan Kamil (tengah)
Gubernur Jabar Ridwan Kamil (tengah)

Bisnis.com, BANDUNG — Varian baru Covid-19 yang datang dari India dipastikan belum terdeteksi masuk ke wilayah Jawa Barat.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil memastikan varian Covid-19 yang terdeteksi terakhir baru B117 UK pada awal Maret lalu.

Ridwan Kamil mengatakan varian baru Covid-19 akan terdeteksi lebih awal mengingat pelaku perjalanan dari luar negeri asal Jawa Barat harus menghadapi pemeriksaan di Bandara Soekarno-Hatta. Karena itu, pihaknya memastikan tidak ada varian baru masuk ke wilayahnya.

“Jadi per hari ini masih tentang yang Karawang yang dari Inggris, tapi itu sudah sembuh semua yang masuk varian baru itu sudah sembuh tidak ada hal yang mengkhawatirkan,” katanya, Senin (24/5/2021).

Menurutnya proses pemeriksaan pada pelaku perjalanan dari luar negeri sangat ketat yakni memakai metode genome sequencing. Dia mengaku virus ini terus bermutasi, namun pihaknya terus mengantisipasi jika hal-hal tersebut masuk ke wilayahnya.

Menurutnya pascalebaran Jawa Barat mengambil kebijakan pengetesan hingga dua kali. “Pengetesan kita dua lapis, di jalan 17 titik ke 200 pengetesan per hari. Kita instruksikan minggu lalu, RT RW catat warga yang hlang, itu mudik. Kalau hilang itu wajib dilaporkan dan jadi subjek pengetesan di level PPKM Mikro,” katanya.

Sebelumnya, temuan virus corona varian baru bernama B117 UK di Indonesia datang dari dua warga Karawang yang baru menjalani penerbangan internasional.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan virus varian B117 UK ini terdeteksi setelah dua warga Karawang datang di Tanah Air dengan pesawat Qatar Airways.

"Sesuai prosedur mendarat diisolasi 10 hari. sudah dilaksanakan, tapi virusnya tidak mau hilang. Tim sedang melacak, tracing dan testing,” katanya usai rapat komite penanganan Covid-19 di Makodam III Siliwangi, Bandung, Rabu (3/3/2021).


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pemprov jabar Covid-19
Editor : Ajijah

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top