Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Kunjungan Wisatawan ke Kota Cirebon tak Ada Lonjakan Selama Libur Lebaran

Kepala Bidang Pariwisata, Dinas Kepemudaan, Olahraga, Kebudayaan dan Pariwisata (DKOKP) Kota Cirebon Wandi Sofyan mengatakan tidak adanya lonjakan bukan hanya karena adanya larangan mudik, melainkan warga lokal memilih berdiam diri di rumah.
Hakim Baihaqi
Hakim Baihaqi - Bisnis.com 21 Mei 2021  |  17:57 WIB
Keraton Kasepuhan Cirebon. - Bisnis
Keraton Kasepuhan Cirebon. - Bisnis

Bisnis.com, CIREBON - Pemerintah Kota Cirebon menyebutkan tidak ada lonjakan jumlah wisatawan selama libur Idulfitri 1442 H. Hal tersebut lantaran adanya kebijakan larangan mudik oleh pemerintah pusat.

Kepala Bidang Pariwisata, Dinas Kepemudaan, Olahraga, Kebudayaan dan Pariwisata (DKOKP) Kota Cirebon Wandi Sofyan mengatakan tidak adanya lonjakan bukan hanya karena adanya larangan mudik, melainkan warga lokal memilih berdiam diri di rumah.

"Masih banyak warga yang fokus menjaga diri agar tidak terpapar virus Corona. Sebelum Idulfitri, konsentrasi masyarakat lebih ke perbelanjaan," kata Wandi di Kota Cirebon, Jumat (21/5/2021).

Meskipun begitu, pemerintah mengimbau pengelola objek pariwisata untuk tetap menerapkan protokol kesehatan. Sehingga nantinya, setelah mengalami lonjakan tidak terjadi klaster baru.

Wandi mengatakan, belum lama ini ia bersama Satgas Covid-19 melakukan monitoring penegakan protokol kesehatan. Hasil kegiatan tersebut, sebagian besar patuh.

"Memberi imbauan kepada pengunjung terkait protokol kesehatan, bekerjasama juga dengan Dinas Pariwisata Jawa Barat. Untuk tingkat okupansi hotel di bulan Mei tidak lebih dari 30 persen,” kata Wandi.

Sementara itu, objek wisata Taman Air Goa Sunyaragi (TAGS) di Kelurahan Sunyaragi Kecamatan Kesambi Kota Cirebon menerapkan protokol kesehatan (prokes) bagi pengunjung yang akan berwisata di saat hari libur Idulfitri 2021.

Para pengunjung sebelum membeli tiket terlebih dahulu diperiksa suhu tubuhnya, jika normal maka dipersilakan lanjut. Mereka pun diwajibkan untuk memakai masker dan mencuci tangan.

Kepala Bagian Humas Badan Pengelola Taman Air Goa Sunyaragi Eko Ardi Nugraha mengatakan kunjungan pada libur hari raya tahun ini tidak mengalami lonjakan dibandingkan sebelum masa pandemi Covid-19.

Eko menambahkan, pihaknya selalu memperingatkan pengunjung untuk selalu menjaga jarak dan menerapkan protokol kesehatan saat berwisata di objek wisata yang dikelola oleh Keraton Kasepuhan ini.

“Pengunjung kami peringatkan untuk selalu menjaga protokol kesehatan sebelum masuk ke area goa. Kami tetap buka setiap hari dari pukul 08.00 hingga pukul 18.00 WIB,” kata Eko. (K45)


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

cirebon
Editor : Ajijah

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top