Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Dinkes Purwakarta Awasi Potensi Penyakit Diare Seiring Lebaran

Kalau berkaca dari pengalaman, penderita diare memang biasanya terjadi lonjakan setelah Lebaran.
Ilustrasi diare.
Ilustrasi diare.

Bisnis.com, PURWAKARTA – Dinas Kesehatan Kabupaten Purwakarta,memantau perkembangan penyebarannya Covid-19 dan diare seiring perayaan Lebaran.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Purwakarta, Deni Darmawan menuturkan, pasca lebaran ini ada dua penyakit yang juga diawasi. Yakni, diare dan inspeksi saluran pernafasan atas (ISPA). Memang, kedua penyakit ini tidak terlalu membahayakan seperti halnya Covid-19, namun begitu tetap harus diantisipasi.

“Kalau berkaca dari pengalaman, penderita diare memang biasanya terjadi lonjakan setelah Lebaran. Mungkin, karena terjadi perubahan pola makan masyarakat setelah mengakhiri masa berpuasa selama sebulan,” ujar Deni saat dihubungi Bisnis.com, Minggu (16/5/2021).

Deni mengatakan kewaspadaan pihaknya terhadap penyakit tersebut sangatlah beralasan. Mengingat, sudah menjadi agenda rutin dimana setiap tahun diare selalu mewabah pasca-Idul Fitri. Sehingga, berbagai antisipasi perlu dilakukan pihaknya, selain pengawasan penyebaran Covid-19 yang memang menjadi agenda utama.

“Fokus kita memang sedang ke penanganan pandemi Covid-19. Tapi pelayanan untuk pasien ini juga menjadi agenda pengawasan di momen Lebaran ini,” jelas dia.

Dalam hal ini, pihaknya mengimbau masyarakat untuk tetap tenang jika menderita penyakit-penyakit tersebut. Karena, ISPA maupun diare pasti bisa diobati. Asalkan, penanganannya tepat dan cepat. Kuncinya, ada pada diri masing-masing. Yakni, pola hidup sehat dan hidup bersih tetap harus dijaga.

“Jaga pola hidup sehat. Termasuk, pola makan yang sehat dan higienis. Serta, mampu mengelola stres. Dengan tetap menjaga pola hidup bersih dan sehat, maka penyakit ini bisa dihindari. Kalau memang sudah parah, maka segera bawa ke dokter,” pesan dia. (K60)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Asep Mulyana
Editor : Miftahul Ulum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper