Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Warga Terdampak Ledakan di Kilang Balongan Sudah Tinggalkan Posko Pengungsian

Wakil Bupati Indramayu Lucky Hakim menyebutkan seluruh pengungsi yang sebelumnya berada di Bumi Patra, Kecamatan Balongan, kini sudah kembali ke rumah masing-masing.
Hakim Baihaqi
Hakim Baihaqi - Bisnis.com 09 April 2021  |  13:03 WIB
Wakil Bupati Indramayu Lucky Hakim
Wakil Bupati Indramayu Lucky Hakim

Bisnis.com, INDRAMAYU - Wakil Bupati Indramayu Lucky Hakim menyebutkan seluruh pengungsi yang sebelumnya berada di Bumi Patra, Kecamatan Balongan, kini sudah kembali ke rumah masing-masing.

"Sejak Rabu sudah kembali ke rumah masing-masing. Semua kondusif, pengungsi juga sehat," kata Lucky di Kabupaten Indramayu, Jumat (9/4/2021).

Lucky menyebutkan, pihaknya akan melakukan koordinasi dengan forum komunikasi pimpinan daerah (forkopimda) hingga pemerintah desa untuk mendengar aspirasi dari masyarakat.

Ia menambahkan, banyak keinginan dari masyarakat terkait kompensasi pascaledakan hingga permintaan relokasi.

"Sampai sejauh ini, data masih berubah-ubah atau dinamis, dan perlu koordinasi lagi untuk memastikan lebih lanjut," kata Lucky.

Lucky Hakim menyebutkan jumlah rumah warga yang mengalami kerusakan akibat ledakan di kilang minyak Pertamina Balongan, Kabupaten Indramayu lebih dari 1.600 unit.

"Rumah yang mengalami kerusakan sebagian besar hanya rusak ringan hingga sedang. Secara umum semua sudah kondusif," kata Lucky.

Terkait wacana relokasi, pemerintah bakal mengumpulkan warga terdampak. Menurutnya, permintaan dari warga yang ingin pindah bersifat parsial atau terbawa emosi semata.

Nantinya, di pertemuan tersebut bakal dilihat, apakah itu permintaan seluruh warga atau hanya sebagian sekelompok saja.

"Relokasi ini tidak mudah, mereka akan kemana. Banyak juga mereka yang tidak terdampak tapi ingin pindah, lihat saja hasil inventarisir dari pertemuan besok," katanya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

indramayu
Editor : Ajijah

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top