Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PTM Juli Mendatang, Kota Cirebon Siap Laksanakan Tanpa Simulasi

Pertemuan tatap muka (PTM) untuk sekolah siap digelar di Kota Cirebon, Jawa Barat, pada Juli mendatang. Dinas terkait pun sudah merampungkan petunjuk teknis untuk pelaksanaan tersebut.
Ilustrasi/Antara
Ilustrasi/Antara

Bisnis.com, CIREBON - Pertemuan tatap muka (PTM) untuk sekolah siap digelar di Kota Cirebon, Jawa Barat, pada Juli mendatang. Dinas terkait pun sudah merampungkan petunjuk teknis untuk pelaksanaan tersebut.

Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Cirebon, Irawan Wahyono mengatakan, PTM bakal digelar bersamaan dengan tahun ajaran baru 2021/2022. Namun, dalam waktu dekat tidak bakal melakukan simulasi seperti kota lainnya.

“Kalau ada sekolah yang sudah melakukan uji coba PTM dan sekolah lain tidak, nanti orangtua lainnya tentu akan bertanya-tanya, kenapa sekolah anak saya tidak melaksanakan PTM. Maka dari itu PTM serentak dilakukan Juli secara terbatas," kata Irawan di Kota Cirebon, Kamis (8/4/2021).

Irawan menyebutkan, untuk pelaksanaan PTM di Kota Cirebon, petunjuk teknisnya akan disesuaikan dengan aturan adaptasi kebiasaan baru (AKB) sehingga tidak akan memunculkan klaster baru covid-19.

Beberapa poin dalam petunjuk teknis tersebut di antaranya, sekolah diwajibkan membentuk satuan tugas (satgas) yang melibatkan tenaga kesehatan dan menyediakan sarana cuci tangan dilengkapi dengan sabun dan air mengalir.

Kemudian, untuk PTM di kelas nantinya setiap ruangan hanya boleh diisi oleh 50 persen dari total keseluruhan siswa disetiap kelasnya.

“Jarak juga diatur minimum 1,5 meter antar siswa,” tegas Irawan.

Wali Kota Cirebon, Nashrudin Azis mengatakan, Dinas Pendidikan Kota Cirebon sudah diminta untuk melakukan pengawasan secara matang, sehingga nantinya tidak menimbulkan adanya penyebaran wabah covid-19.

Azis memastikan, saat ini tidak ada sekolah yang menggelar PTM. Namun, setelah adanya intruksi dari pemerintah pusat, pembelajaran secara langsung tersebut pun siap digelar.

“Kami selalu mengikuti instruksi pemerintah pusat. Kami mewanti-wanti agar proses belajar mengajar nantinya berlangsung dengan aman. Untuk itu, protokol kesehatan tetap harus dijalankan dengan ketat saat PTM digelar," katanya. (K45)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Hakim Baihaqi
Editor : Ajijah

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper