Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Mudik Lebaran Dilarang, Bupati Cirebon: Situasi Belum Kondusif

Bupati Cirebon Imron Rosyadi mengimbau kepada masyarakat dari luar kota untuk tidak melakukan perjalanan mudik pada Hari Raya Idulfitri tahun ini.
Hakim Baihaqi
Hakim Baihaqi - Bisnis.com 26 Maret 2021  |  14:10 WIB
Bupati Cirebon Imron Rosyadi
Bupati Cirebon Imron Rosyadi

Bisnis.com, CIREBON - Bupati Cirebon Imron Rosyadi mengimbau kepada masyarakat dari luar kota untuk tidak melakukan perjalanan mudik pada Hari Raya Idulfitri tahun ini. Hal tersebut untuk mengurangi angka penyebaran Covid-19.

Imron menyebutkan, masyarakat agar mematuhi anjuran yang baru saja ditetapkan oleh pemerintah. Menurutnya, perjalanan mudik merupakan salah satu faktor tertinggi penyebaran Covid-19.

"Situasi belum kondusif, tidak mudik juga tidak apa-apa," kata Imron di Kantor Setda Kabupaten Cirebon, Jalan Sunan Kalijaga, Kecamatan Sumber, Kabupaten Cirebon, Jumat (26/3/2021).

Terkait adanya penyekatan seperti musim lebaran tahun lalu, kata Imron, akan dilakukan setelah ada keputusan bersama dari seluruh Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Kabupaten Cirebon.

"Nanti lihat sesuai perkembangan, intinya sesuai kebijakan harus berdasarkan keputusan dari pemerintah provinsi hingga pusat," katanya.

Pemerintah resmi mengumumkan bahwa mudik lebaran pada tahun ini ditiadakan. Ketentuan itu berlaku bagi seluruh masyarakat Indonesia. Hal itu disampaikan oleh Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy.

Keputusan tersebut ditetapkan sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan setelah digelarnya rapat koordinasi antara Kemenko PMK dengan sejumlah kementerian/lembaga terkait.

Keputusan tersebut dilakukan, karena tingginya angka penularan dan angka kematian, baik masyarakat maupun tenaga kesehatan akibat wabah
Covid-19 akibat beberapa kali libur panjang.

Larangan mudik akan resmi dimulai pada 6 Mei 2021 hingga 17 Mei 2021. Pergerakan kegiatan-kegiatan yang keluar daerah tidak diperbolehkan, kecuali keadaan mendesak dan perlu. (K45)


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

cirebon
Editor : Ajijah

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top