Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tingkat SDM Metropolitan Rebana Harus Berbanding Lurus dengan Iklim Investasi

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan peningkatan iklim investasi di Kawasan Metropolitan Rebana harus diimbangi dengan peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) di kawasan tersebut.
Ilustrasi/Bisnis
Ilustrasi/Bisnis

Bisnis.com, BANDUNG - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan peningkatan iklim investasi di Kawasan Metropolitan Rebana harus diimbangi dengan peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) di kawasan tersebut.

"Kita tidak ingin orang sana [Metropolitan Rebana] malah jadi office boy, satpam, supir, tidak ikut menjadi mesin peningkatan ekonomi di kawasan tersebut karena kualitas SDM-nya rendah," kata pria yang akrab Kang Emil ini, di Kampus Polman Bandung, Kamis (25/3/2021).

Menurutnya, dalam waktu 25 tahun mendatang, 70 persen masyarakat Indonesia akan berusia produktif. Sehingga penting bagi dirinya sebagai pemegang keputusan di Jawa Barat untuk menyiapkan berbagai kebutuhan infrastruktur menuju Indonesia sebagai negara ke-4 terbesar nantinya.

"Sehingga ini harus berbanding lurus dengan kualitas SDM nantinya, kita akan sangat berdosa jika hal ini tidak dilakukan, masyarakat disana tidak bisa menikmati perkembangan ini," jelas Kang Emil.

Terlebih, Jawa Barat kata dia, menjadi provinsi dengan jumlah penduduk terbesar di Indonesia atau 1/5 dari keseluruhan jumlah penduduk di Indonesia.

"Kalau masalah di Jabar selesai, 1/5 masalah di Indonesia juga selesai," ungkapnya.

Ia pun berjanji akan terus menggenjot kemudahan investasi dan mempercepat pemenuhan infrastruktur di Jawa Barat. Sehingga ia kini mengincar titel Jawa Barat sebagai daerah destinasi investasi terbaik di Asia Tenggara.

"Di Indonesia kita udah tertinggi, kita incar di Asia Tenggara, tentunya ini harus diikuti dengan kualitas SDM di Jawa Baratnya," ungkapnya. (K34)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dea Andriyawan
Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper