Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Polman Buka Kampus 2 di Majalengka, Dongkrak Kualitas SDM di Metropolitan Rebana

Politeknik Manufaktur (Polman) Bandung akan membuka kampus 2 di Kabupaten Majalengka.
Dea Andriyawan
Dea Andriyawan - Bisnis.com 25 Maret 2021  |  14:27 WIB
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (kedua kanan) menandatangani perjanjian pembangunan kampus Polman di Majalengka - Bisnis/Dea Andriyawan
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (kedua kanan) menandatangani perjanjian pembangunan kampus Polman di Majalengka - Bisnis/Dea Andriyawan

Bisnis.com, BANDUNG - Politeknik Manufaktur (Polman) Bandung akan membuka kampus 2 di Kabupaten Majalengka.

Kampus tersebut diproyeksikan mampu menjawab kebutuhan peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) di kawasan Metropolitan Rebana.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan kebutuhan ekosistem vokasi di kawasan Metropolitan Rebana menjadi sebuah urgensi.

Pasalnya dalam beberapa tahun mendatang kawasan ini diproyeksikan menjadi super koridor ekonomi Indonesia, sehingga kebutuhan SDM yang berkualitas menjadi hal wajib yang harus dipenuhi.

"Kita sangat peduli dengan peningkatan kualitas SDM di Ciayumajakuning karena infrastruktur-infrastruktur kelas dunia dan nasional ngumpul disana, ada pelabuhan, bandara, dan lainnya. Kalau tidak dibarengi dengan kesiapan SDM-SDM yang relevan kami khawatir nanti mereka tidak ikut sebagai mesin pembangunan, karena tidak maksimal," kata Kang Emil, di Kampus Polman Bandung, Kamis (25/3/2021).

Ia menjelaskan penentuan Majalengka menjadi lokasi kampus 2 Polman Bandung memang melewati porses panjang.

Namun, sesuai dengan cetak biru perencanaan pengembangan 13 kota baru di Kawasan Metropolitan Rebana oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan Pemerintah Pusat, keberadaan ekosistem pendidikan vokasi di kawasan tersebut menjadi kebutuhan primer.

"Sehingga lulusan tiba, Rebana datang insyaAllah kita jadi bangsa siap 25 tahun mendatang, kami tidak ingin membangun infrastruktur tapi SDM belakangan," jelas Kang Emil.

Selanjutnya, Kang Emil pun memastikan akan ada perguruan tinggi lain yang akan membangun kampus-kampusnya di kawasan tersebut.

"Sudah ada [yang akan membuka] namun belum bisa saya sebutkan karena masih proses," tutupnya. (k34)


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Metropolitan Rebana
Editor : Ajijah

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top