Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bangkit dari Pandemi, Brand Monel Gelar Virtual Fashion Show

Dengan 40 karyawan, Monel yang baru saja membuka toko baru di Pondok Indah Mall (PIM) Jakarta, tetap bertahan di masa sulit.
Peragaan busana virtual, upaya bangkit dari hantaman pandemi./Bisnis-Wisnu Wage Pamungkas
Peragaan busana virtual, upaya bangkit dari hantaman pandemi./Bisnis-Wisnu Wage Pamungkas

Bisnis.com, BANDUNG — Berbagai upaya dilakukan para pengusaha untuk menarik pembeli melalui digital marketing. Salah satu caranya addalah dengan menggelar virtual fashion show yang disiarkan secara live. 

Upaya tersebut juga dilakukan Monel, brand fashion lokal asal Kota Bandung.

"Kami biasa launching ada fashion show. Karena [sekarang] pandemi, kami ingin mengadaptasi fashion show versi online," ujar Irma Mariam, salah satu pendiri Monel, saat virtual launching MonelxArkiv, di Buahbatu, Bandung, Senin (15/3/2021) malam.

Virtual fashion show dilakukan Monel untuk memperkenalkan koleksi terbarunya hasil kolaborasi dengan seniman Arkiv Vilmansa.

Menurut Irma, virtual fashion show bisa membuat orang-orang lebih tertarik terhadap produk yang dipamerkan.

"Satu look bisa menggambarkan apa yang mau dieksplor, ada feminin, sporty, edgy, casual," ungkapnya.

Ia menjelaskan kolaborasi dengan Arkiv merupakan salah satu upaya Monel untuk tetap bertahan di tengah gempuran pandemi.

Tak bisa dipungkiri, kata Irma, peritel yang fokus pada produk hijab ini sempat mengalami penurunan omzet hingga 30 persen.

Dalam kolaborasi, seniman Arkiv dipilih karena memiliki kesamaan konsep desain dengan Monel, yakni cheerful, colorful, dan playful. Monel berharap kolaborasi ini bisa membuka target market yang semakin luas.

"Arkiv gak pernah ngeluarin sesuatu yang asal-asalan. Kita mau ngangkat hijab, tapi ada art-nya, value-nya jadi lebih," tutur Irma.

Pada kesempatan yang sama, Arkiv Vilmansyah mengatakan ia mengadaptasikan karyanya dalam koleksi busana khusus wanita urban dengan tema cartoon.

“Lihat dari sisi kolaborasi, saya dari dulu suka kartun, memang 'makanan' saya dari kecil. Monel punya kesamaan juga. Ada sisi yang lain yang gak bisa kita ungkap, tapi kita punya kesamaan,” jelas seniman asal Bandung ini.

MonelxArkiv mengeluarkan 6 koleksi yang memiliki sentuhan gaya sporty feminine, casual chic, sleek and timeless, sporty, sophisticated, dan edgy, seperti looks yang diperlihatkan pada saat fashion trunk show yang disertai fashion preview.

Kualitas bahan yang dipilih Monel, seperti cotton high density, kaos combad interlock, babyterry, serta variasi tulle dot, membuatnya digandrungi banyak pecinta fashion hijab.

Monel yang dirikan pada 2011 merupakan buah pemikiran lima orang sahabat yakni Irma Mariam, Minna Mekkarina, Dessy Mayasari, Tintin Sutiarsih, dan Lina Rooslina.

Irma mengatakan mereka memutuskan untuk terjun ke bisnis fashion hijab karena sama-sama merasa kesulitan saat mencari busana hijab kasual. Saat itu, kata dia, busana hijab identik dengan harganya yang mahal.

Kelimanya kemudian membuka lini busana sendiri dengan tagline Made with The Passion for Fashion yang menyasar wanita usia 20-40 tahun. Pembelian bisa dilakukan di store utama Jalan Buahbatu No.87 atau melalui akun Instagram resmi @monelboutique.

“Ada misi dakwah sedikit. Gak usah takut pakai hijab, masih bisa keren,” jelasnya.

Dengan 40 karyawan, Monel yang baru saja membuka toko baru di Pondok Indah Mall (PIM) Jakarta, tetap bertahan di masa sulit.

Sudah tak terhitung berapa kali try and error dilakukan Monel untuk menemukan formula yang pas dalam mengembangkan brand.

“Di masa pandemi, kecintaan seorang entrepreneur dilihat saat masa sulit, bukan masa bagusnya,” ucap Irma.

Ia berharap industri fashion Bandung masih menjadi barometer di Indonesia. UMKM Bandung diyakini bisa menjadi local pride sehingga perekonomian bisa bangkit kembali.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Saeno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper