Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Indramayu Dorong Karangsong Jadi Pelabuhan Perikanan Nusantara

Saat ini Karangsong menjadi pangkalan dengan jumlah kapal banyak dan berukuran besar. Pemerintah daerah terus mendorong peningkatan status Karangsong.
Kim Baihaqi
Kim Baihaqi - Bisnis.com 15 Maret 2021  |  10:08 WIB
Situasi Kunjungan Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Wahyu Trenggono ke Pelabuhan Karangsong, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, Minggu (14/3/2021). - Bisnis/Kim Baihaqi
Situasi Kunjungan Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Wahyu Trenggono ke Pelabuhan Karangsong, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, Minggu (14/3/2021). - Bisnis/Kim Baihaqi

Bisnis.com, CIREBON - Pemerintah Kabupaten Indramayu mendorong, peningkatan status Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Karangsong dari pangkalan pendaratan ikan menjadi pelabuhan perikanan nusantara.

Bupati Indramayu Nina Agustina mengatakan rencana pembangunan tersebut merupakan tahapan utama peningkatan produksi perikanan tangkap di Kabupaten Indramayu.

Saat ini Karangsong menjadi pangkalan dengan jumlah kapal banyak dan berukuran besar. Pemerintah daerah pun terus mendorong peningkatan status Karangsong ke Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP).

"Kami akan berjuang untuk menjadikan pangkalan pendaratan ikan Indramayu Karangsong menjadi yang terbaik, dengan segala fasilitas pendukungnya," kata Nina di Kabupaten Indramayu, Senin (15/3/2021).

Nina mengatakan beberapa tambahan fasilitas di TPI di antaranya modernisasi alat tangkap, kolam dan tambat labuh, bangunan dan lantai lelang, normalisasi alur sungai dan muara, pembangunan cold storage, dan galangan kapal harus dibangun.

Ia menambahkan, hal tersebut merupakan bagian dari upaya meningkatkan penerimaan negara bukan pajak (PNBP) dari subsektor perikanan, sehingga kesejahteraan nelayan Indramayu bisa terwujud.

“Semoga semuanya bisa segera berjalan, karena ini untuk kemajuan Indramayu,” ujar Bupati Nina.

Sebelumnya, pada 2021 ini KKP membidik PNBP dari subsektor perikanan tangkap hingga Rp12 triliun untuk mendorong perbaikan kualitas infrastruktur pelabuhan perikanan di Indonesia.

Kondisi sebagian besar pelabuhan ikan di Indonesia sejauh ini banyak yang kolam pelabuhan mengalami sedimentasi. Selain itu, kondisi laut pun keruh dan dipenuhi banyak sampah.

Menurut Nina bila pendapatan negara dari subsektor perikanan tangkap bertambah, perbaikan infrastruktur pelabuhan bisa lebih mudah dilakukan.

Pelabuhan di Karangsong Indramayu setiap tahunnya diklaim menghasilkan lebih dari 18.445 ton tangkapan per tahun 2020 atau senilai Rp365 miliar. Di sini ada hasil tangkapan andalan yakni ikan Manyung.

Sementara itu Menteri KKP Wahyu Trenggono antara lain menyinggung soal peningkatan perputaran ekonomi dan kaitannya dengan perbaikan infrastruktur.

"Dengan demikian perbaikan infrastruktur dari penambahan perolehan PNBP nantinya juga dapat meningkatkan perputaran ekonomi yang dihasilkan oleh operasional pelabuhan," kata Menteri Wahyu Trenggono.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

perikanan kementerian kelautan dan perikanan indramayu sakti wahyu trenggono Pelabuhan Karangsong
Editor : Saeno

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
To top