Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jelajah Metropoltan Rebana: Ini Komitmen Kepala Daerah Menjaga Lahan Pertanian

Kawasan Metropolitan Rebana adalah lumbung padi, memiliki luasan hutan yang masih terjaga. Sejumlah kepala daerah berkomitmen menjaga lahan pertanian dari ancaman alih fungsi.
Ilustrasi/Antara
Ilustrasi/Antara

Bisnis.com, BANDUNG - Kawasan Metropolitan Rebana adalah lumbung padi, memiliki luasan hutan yang masih terjaga. Sejumlah kepala daerah berkomitmen menjaga lahan pertanian dari ancaman alih fungsi.

Bupati Majalengka Karna Sobahi mengaku meski sudah menabalkan diri sebagai kabupaten industri, pertanian dan perkebunan tetap akan dikembangkan. Pihaknya sudah memagari terancamnya lahan pertanian dengan membagi ruang.

“Dalam pengembangan kawasan industri, kami juga tetap akan mengembangkan perkebunan dan pertanian dengan kawasan yang sangat luas di bagian selatan sehingga tidak akan terjadi ketimpanganketika banyak lahan di wilayah utara digunakan untuk industri,” tuturnya dalam pernyataan yang diterima Bisnis beberapa waktu lalu.

Menurutnya pengembangan pertanian dan perkebunan di wilayahnnya masih berpeluang hidup karena Majalengka memiliki sumber daya air yang melimpah dari waduk Jatigede, Sumedang yang sebagian masuk wilayah Majalengka.

Soal alih fungsi lahan, senada Majalengka, Subang juga bersikap keras. Bupati Ruhimat memastikan akan menjaga eksistensi Subang sebagai lumbung padi dan sentra agro Nasional.

Menurutnya kehadiran industri akan tetap dipagari, terutama pengeluaran izin terkait lingkungan dan tidak menganggu lahan pertanian.

“Saya menyambut baik kehadiran investasi industri di Kabupaten Subang. Dengan catatan tidak mengganggu tatanan Subang sebagai lumbung padi nasional, tidak mengganggu potensi pertanian dan garis pantai karena masih banyak lahan yang belum produktif,” paparnya.

Sebelumnya, Wagub Jabar Uu Ruzhanul Ulum secara khusus meminta adanya Perda Sawah Abadi untuk mempertahankan lahan pertanian yang ada di Kabupaten Subang. Pasalnya, Subang menjadi salah satu prioritas pengembangan Metropoltan Rebana.

“Kabupaten Subang ini harus istiqamah menjadi lumbung padi nasional dan Jawa Barat. Karena kalau lumbung padi Subang terganggu, kami khawatir pangan terganggu. Maka, di sini pemerintah harus menjaga lahan pertaniannya,” ujarnya.

Menurutnya Perda tersebut akan menjadi landasan hukum untuk mempertahankan lahan pertanian atau produksi pangan, sehingga tak mudah dialihfungsikan.

“Kalau tidak ada Perda Sawah Abadi nanti takut masyarakat begitu mudah mengalihkan fungsi tanah dari sawah menjadi perumahan, sehingga akan mengganggu produksi pangan itu sendiri,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper