Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Gara-gara Corona B117, Pemkab Cirebon Awasi Kedatangan Warga dari Luar Negeri

Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Kabupaten Cirebon akan melakukan pengawasan ketat kepada Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang baru saja kembali dari luar negeri.
Hakim Baihaqi
Hakim Baihaqi - Bisnis.com 05 Maret 2021  |  15:08 WIB
Mutan Virus corona B.1.1.7
Mutan Virus corona B.1.1.7

Bisnis.com, CIREBON - Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Kabupaten Cirebon akan melakukan pengawasan ketat kepada Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang baru saja kembali dari luar negeri.

Hal tersebut dilakukan untuk mengantisipasi adanya penyebaran virus varian baru, yaitu virus Corona B117 yang belum lama ini menularkan kepada PMI dari Kabupaten Karawang, Jawa Barat.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Cirebon Enny Suhaeny mengatakan, pihaknya sudah berkoordinasi dengan Dinas Tenaga Kerja untuk memastikan PMI yang baru tiba agar melakukan isolasi mandiri selama 14 hari.

"Meskipun di Jakarta sudah isolasi mandiri, tapi kami minta untuk melakukan isolasi ulang. Ini merupakan salah satu pengawasan ketat," kata Enny di Kabupaten Cirebon, Jumat (5/3/2021).

Enny memastikan, varian baru virus tersebut tidak ada di Kabupaten Cirebon. Menurutnya, B117 itu menyebar lebih cepat dibandingkan dengan virus corona jenis lainnya.

"Siapapun yang baru pulang dari luar negeri, kami minta melapor. Kalau ada kami langsung melakukan tracing," katanya.

Virus varian B117 UK ini terdeteksi setelah dua warga Karawang datang di Tanah Air dengan pesawat Qatar Airways. Sesuai prosedur, keduanya pun sempat menjalani isolasi mandiri di Jakarta.

Dikabarkan, dua warga Karawang yang sempat terkonfirmasi positif virus varian baru tersebut kini sudah dinyatakan negatif. Saat ini, keduanya masih menjalani isolasi mandiri di kediamannya.

Corona B117 pertama kali muncul di Inggris pada September 2020. Diketahui meruapakan bentuk mutasi dari Covid-19 dan di dalamnya terdapat 23 jenis mutasi. (K45)


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

cirebon
Editor : Ajijah

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top