Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

SOR Watubelah Disarankan Dilanjut Pembangunannya oleh Pihak Ketiga

Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Cirebon menyarankan kepada pemerintah daerah untuk menawarkan lanjutan pembangunan Sarana Olahraga (SOR) Watubelah kepada pihak ketiga.
Hakim Baihaqi
Hakim Baihaqi - Bisnis.com 05 Maret 2021  |  14:20 WIB
Sarana Olahraga (SOR) Watubelah - Bisnis/Hakim Baihaqi
Sarana Olahraga (SOR) Watubelah - Bisnis/Hakim Baihaqi

Bisnis.com, CIREBON - Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Cirebon menyarankan kepada pemerintah daerah untuk menawarkan lanjutan pembangunan Sarana Olahraga (SOR) Watubelah kepada pihak ketiga.

Ketua Komisi III DPRD Kabupaten Cirebon Hermanto mengatakan pembangunan Sore Watubelah bukan lagi menjadi prioritas pemerintah daerah, lantaran terbentur adanya refocusing anggaran untuk penanganan pandemi Covid-19.

"Lebih baik diserahkan saja kepada pihak ketiga daripada harus menghabiskan anggaran yang bukan menjadi prioritas. Hal ini supaya fokus terhadap penanganan dan pemulihan ekonomi," kata Hermanto di Kabupaten Cirebon, dikutip Jumat (5/3/2021).

Hermanto mengatakan, pembangunan SOR Watubelah awalnya dilakukan untuk menghadapi Pekan Olahraga Nasional (PON) Jabar lima tahun lalu.

Pembangunan SOR Watubelah di Kelurahan Watubelah, Kecamatan Sumber, Kabupaten Cirebon, sejak 2012 hingga saat ini belum rampung. Pemerintah membutuhkan anggaran Rp400 miliar untuk perampungan.

Informasi yang berhasil dihimpun Bisnis.com, pembangunan stadion yang berada di Jalan Fatahillah, Kecamatan Sumber, sudah menghabiskan anggaran sebesar Rp228,4 miliar.

Pembangunan tersebut dicanangkan pemerintah pada 2011 dan peletakan batu pertama dilaksanakan pada 2012 hingga 2013. Anggaran yang digunakan sebanyak Rp13 miliar.

Pelaksanaan tahap kedua pada 2014, pemerintah provinsi Jawa Barat menganggarkan dari APBD sebesar Rp33 miliar. Pembangunan tersebut meliputi pengerjaan struktur tribun stadion.

Pembangunan selanjutnya pada 2015, menggunakan APBD Provinsi Jawa Barat sebesar Rp20 miliar. Pengerjaan meliputi bagian tribun utara, selatan, barat, dan timur.

Pada 2016 sama 2019, pemerintah menggelontorkan dana sebesar Rp80 miliar. Namun dipertengahan 2019 terpaksa dihentikan karena bersamaan dengan penyelenggaraan pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak.

Kemudian pada 2019, pembangunan stadion kembali dilanjutkan dengan anggaran subsidi silang, yakni Rp50 miliar dari APBD provinsi Jawa Barat dan Rp30 miliar dari APBD dari Kabupaten Cirebon.

Pantauan Bisnis.com, di lokasi proyek pembangunan tidak ada aktivitas pembangunan. Rumput liar di halaman SOR Watubelah ditumbuhi rumput liar setinggi 50 sentimeter.

Selain itu, gapura pintu masuk SOR Watubelah tersebut tampak ditumbuhi lumut, diduga sering diguyur hujan selama beberapa pekan terakhir ini. (K45)


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

cirebon
Editor : Ajijah

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top