Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jelajah Metropolitan Rebana: Pemerintah Diminta Jamin Keamanan Investor di Cirebon

Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Komisi 8 Selly Andriani Gantina meminta pemerintah untuk bisa menjamin keamanan investor yang akan berinvestasi di wilayah Cirebon.
Peta kawasan Metropolitan Rebana
Peta kawasan Metropolitan Rebana

Bisnis.com, CIREBON - Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Komisi 8 Selly Andriani Gantina meminta pemerintah untuk bisa menjamin keamanan investor yang akan berinvestasi di wilayah Cirebon.

Hal tersebut menurut Selly seiring dengan dibangunnya Kawasan Metropolitan Rebana di wilayah timur Jawa Barat yaitu, Subang, Majalengka, Cirebon, Sumedang, dan Indramayu.

"Salah satu yang harus menjadi perhatian semua, ketika bisa menjamin keamanan para investor, maka orang akan berinvestasi kalau di daerahnnya itu aman," kata Selly di Kabupaten Cirebon, Kamis (25/2/2021).

Selain itu, kata Selly, di Provinsi Jawa Tengah tepatnya di Batang, Tegal, dan Kendal, investor yang akan berinvestasi di wilayah tersebut tidak lagi harus memikirkan aset tanah.

Pemerintah di wilayah tersebut, sudah menyiapkan asetnya, sehingga investor yang datang cukup membawa uang serta teknologi mutakhir.

"Saya rasa, pemerintah di Jawa Barat, terutama Cirebon harus bisa juga menerapkan. Hal ini merupakan salah satu bukti keramahan kepada investor," kata Selly.

Kawasan Metropolitan Rebana, menurut Selly, bakal menjadi salah pusat ekonomi nasional. Selama ini, wilayah Ciayumajakuning kurang mendapatkan perhatian lebih dari pemerintah pusat maupun provinsi.

Beberapa infrastruktur penunjang, mulai dari Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, jalur tol Trans Jawa, Pelabuhan Patimban, dan pembangunan jalur kereta double track sudah disiapkan untuk mengimbangi laju pertumbuhan perekonomian.

"Secara dampak sosial akan meningkatkan perekonomian masyarakat di wilayah pantura terutama ciayumajakuning. Maka diharapkan taraf hidup masyarakat di kabupaten cirebon khususnya, bisa meningkat," katanya.

"Permasalahan UMK yang masih rendah pun saya yakin meningkat. Lalu, kemampuan masyarakat juga meningkat," sambungnya.

Bisnis Indonesia kembali menghadirkan tim Jelajah Metropolitan Rebana yang akan mengupas peluang dan tantangan investasi di wilayah Sumedang, Majalengka, Subang, dan Purwakarta.

Program berkala ini disponsori oleh PT Pos Indonesia (Persero), Astra Isuzu, Pemerintah Provinsi Jawa Barat, Diskominfo Jabar, PT Migas Hulu Jabar, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PMPTSP) Jabar, PT Bandarudara Internasional Jawa Barat (BIJB), Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Jabar, JNE, dan eFishery.

(K45)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Hakim Baihaqi
Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper