Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jelajah Metropolitan Rebana: Daerah Mana Paling Diminati Pemodal Asing?

Sudah digadang dalam setengah tahun terakhir sebagai kawasan ekonomi baru, Rebana yang terdiri dari Kabupaten Subang, Majalengka, Indramayu, Cirebon, Sumedang, Kuningan belum bisa menggeser kawasan Bodebekarpur dan Bandung Raya dalam realisasi investasi sepanjang 2020 lalu.
Objek Wisata Waduk Darma Kuningan/Bisnis-Wisnu Wage
Objek Wisata Waduk Darma Kuningan/Bisnis-Wisnu Wage

Bisnis.com, BANDUNG — Sudah digadang dalam setengah tahun terakhir sebagai kawasan ekonomi baru, Rebana yang terdiri dari Kabupaten Subang, Majalengka, Indramayu, Cirebon, Sumedang, Kuningan belum bisa menggeser kawasan Bodebekarpur dan Bandung Raya dalam realisasi investasi sepanjang 2020 lalu.

Data realisasi investasi sepanjang 2020 yang diperoleh Tim Jelajah Metropolitan Rebana dari Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Jawa Barat, realisasi investasi penanaman modal dalam negeri (PMDN) dan penamaman modal asing (PMA) di wilayah Rebana masih perlu agresivitas daerah dalam mempromosikan potensi investasi terutama untuk menggaet investor asing.

Lantas, daerah mana saja di kawasan Rebana yang paling diminati oleh investor asing sepanjang 2020 lalu? Ini daftar urutannya:

1. Kabupaten Cirebon, meraih investasi asing Rp4,6 triliun, tercatat ada 178 laporan penanaman modal asing ke wilayah yang berbatasan dengan Jawa Tengah tersebut. Namun, jumlah tenaga kerja yang dipekerjakan hanya 605 orang.
2. Kabupaten Subang, meraup investasi asing Rp4,1 triliun, tercatat 160 laporan penanaman modal asing masuk ke wilayah yang kini memiliki Pelabuhan Internasional Patimban. Sebanyak 6.897 orang dipekerjakan pada 2020 lalu oleh pemodal asing tersebut.
3. Kabupaten Majalengka, investasi asing yang masuk mencapai Rp198,4 miliar dari 82 investor asing. Investasi ini mempekerjakan 6.000 orang lebih pada tahun lalu.
4. Kabupaten Indramayu, 39 penanam modal asing membenamkan investasi sebesar Rp189 miliar pada 2020 lalu di kawasan yang akan memiliki setidaknya 3 kota industri baru tersebut. Sebanyak 25 orang dipekerjakan dalam investasi tahun lalu.
5. Kabupaten Kuningan, 38 investor asing mempekerjakan 16 orang dengan investasi bernilai Rp44 miliar di daerah yang memiliki kontur pegunungan tersebut.
6. Kabupaten Sumedang, hanya 7 orang dipekerjakan dari 96 kegiatan penanaman modal asing pada 2020 lalu yang mencapai Rp37 miliar.

Kepala DPMPTS Jabar Noneng Komara mengatakan angka investasi yang besar namun mempekerjakan sedikit orang mengindikasikan investasi tersebut lebih ke padat modal. Sementara investasi besar yang membuka lapangan pekerjaan adalah investor padat karya.

“Cirebon dan Subang banyak investasi padat karya sepanjang 2020 lalu, terutama untuk orientasi ekspor,” ujarnya kepada Bisnis, Kamis (25/2/2021).

Bisnis Indonesia kembali menghadirkan tim Jelajah Metropolitan Rebana yang akan mengupas peluang dan tantangan investasi di wilayah Sumedang, Majalengka, Subang, dan Purwakarta.

Program berkala ini disponsori oleh PT Pos Indonesia (Persero), Astra Isuzu, Pemerintah Provinsi Jawa Barat, Diskominfo Jabar, PT Migas Hulu Jabar, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PMPTSP) Jabar, PT Bandarudara Internasional Jawa Barat (BIJB), Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Jabar, JNE, dan eFishery.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper