Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Inovasi Bisnis MUJ Sumbang Kenaikan Pendapatan Non-PI

BUMD PT Migas Hulu Jabar (MUJ) berhasil membukukan laba sebesar Rp152 miliar pada tahun 2020 lalu.
Direktur Utama MUJ Begin Troys (kedua kiri) dan jajaran direksi MUJ/Istimewa
Direktur Utama MUJ Begin Troys (kedua kiri) dan jajaran direksi MUJ/Istimewa

Bisnis.com, BANDUNG — BUMD PT Migas Hulu Jabar (MUJ) berhasil membukukan laba sebesar Rp152 miliar pada tahun 2020 lalu.

Tren positif dibukukan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Jawa Barat tersebut terjadi berkat keberhasilan mengembangkan bisnis selain usaha pengelolaan partisipasi interes (PI) di Wilayah Kerja migas Ofshore North West Java (ONWJ).

Keberhasilan mengembangkan bisnis Non-Participating Interest (Non-PI) hingga mencapai 23 persen dari seluruh laba di Tahun 2020 didapat karena kenaikan pendapatan Non-PI sebesar 7 persen dari tahun 2019 dimana porsi Non-PI sebesar 16 persen.

“Alhamdulilah menutup tahun 2020 secara house closing unaudited MUJ, berhasil membukukan laba Rp152 miliar,” kata Direktur Keuangan & Umum MUJ Punjul Prabowo dalam keterangan resmi MUJ, Kamis (11/2/2021).

Dalam angka, MUJ meraih pendapatan Rp262 miliar sepanjang 2020. Terdiri dari pendapatan PI Rp201 miliar dan Non-PI Rp61 miliar.

Prabowo mengatakan, laba tersebut tidak lepas dari sejumlah strategi bisnis yang dirancang perseroan dalam Rencana Kerja & Anggaran Perubahan (RKAP) 2020. Bahkan dari target, MUJ bisa melebihi ekspetasi 21 persen dari yang ditargetkan dalam RKAP 2020. Artinya ada peningkatan laba dari target kerja pada 2020 senilai Rp26 miliar.

“Meskipun pada tahun 2020 diguncang dengan situasi pandemi Covid-19. Bagaimanapun juga MUJ tetap produktif dalam menjalankan bisnis, artinya ada strategi yang harus dijalankan dalam mencapai target, terutama memaksimalkan bisnis-bisnis MUJ di luar pengelolaan PI,” ucap Prabowo.

Melalui anak perusahaan PT Energi Negeri Mandiri (ENM) agresivitas bisnis kegiatan jasa penunjang migas dan Energi Baru Terbarukan & Konservasi Energi (EBTKE) sudah dimulai pada 2020.

Di Kalimantan Selatan, MUJ memberikan layanan ketenagalistrikan Diesel Rotary Uninterruptible Power Supply (DRUPS) 10 MVA untuk mendukung operasional industri di sektor hulu migas milik Pertamina EP Asset 5, di Tanjung, Kalimantan Selatan.

Selanjutnya, pengadaan 4 Unit Mobile Rig 550 HP bersama PT Petrodrill Manufaktur Indonesia (Petrodril) yang memiliki workshop di Dawuan, Purwakarta, Jawa Barat untuk kebutuhan hulu migas.

MUJ mengukuhkan usaha di bidang energi terbarukan melalui sinergi BUMD yakni Bersama PT Tirta Gemah Ripah (Tirta Jabar) dengan melakukan kerja sama pengelolaan Pembangkit Listrik Tenaga Mini Hidro (PLTMH) Cirompang di Kabupaten Garut. Tujuannya untuk meningkatkan kapasitas produksi listrik di wilayah Garut selatan.

Direktur Utama MUJ Begin Troys mengatakan sinyal pemulihan ekonomi pada 2021 ini sudah mulai terlihat. Sehingga ada optimisme bahwa MUJ bisa kembali membukukan laba yang telah ditargetkan.

“Setelah kita menjalankan beberapa usaha di tahun 2020 di tengah tantangan pandemi, kini kita ingin kembali ‘lari’ dan menatap optimis beberapa pengembangan usaha di luar PI pada tahun 2021,” katanya.

“Sesuai harapan Gubernur Jabar (Ridwan Kamil) agar MUJ bisa terus meningkatkan kontribusi dan manfaatnya untuk Jawa Barat. Kita ingin mencapai rasio pendapatan perusahaan yang seimbang dari bisnis PI dan non PI. Insya Allah kompisi-nya bisa 50 persen : 50 persen,” kata Begin.

MUJ merupakan perseroan daerah (Perseroda) yang seluruh sahamnya 100 persen dimiliki Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat. MUJ menjadi pionir dalam implementasi pengalihan Partisipasi Interest (PI) 10% di Wilayah Kerja ONWJ bagi BUMD daerah penghasil migas, sesuai dengan Peraturan Menteri ESDM No.37 Tahun 2016.

Sebagai Holding MUJ memiliki anak perusahaan untuk pengembangan bisnis lainnya yakni MUJ ONWJ, dan ENM.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper