Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Gedong Munara 99 dan Skywalk Sabilulungan Jadi Karya Terakhir Bupati Dadang Naser

Bupati Bandung Dadang M Naser meresmikan Gedong Munara 99 dan Skywalk Sabilulungan yang merupakan karya terakhirnya sebagai Bupati Bandung.
Bupati Bandung Dadang M Naser berjalan di atas Skywalk Sabilulungan/Istimewa
Bupati Bandung Dadang M Naser berjalan di atas Skywalk Sabilulungan/Istimewa

Bisnis.com, BANDUNG - Bupati Bandung Dadang M Naser meresmikan Gedong Munara 99 dan Skywalk Sabilulungan yang merupakan karya terakhirnya sebagai Bupati Bandung.

“Ini merupakan karya terakhir saya sebagai Bupati Bandung, setelah 10 tahun menjabat,” ungkapnya, Kamis (11/2/2021).

Ia mengungkapkan, bangunan dengan enam lantai tersebut akan dilengkapi sejumlah fasilitas, diantaranya food court, etalase usaha mikro kecil menengah (UMKM), mal pelayanan publik, base transceiver station (BTS) terpadu dan menara pandang.

“Munara ini merupakan bangunan multifungsi. Dimana lantai pertamanya akan dijadikan food court serta etalase bagi UMKM unggulan Bandung 1.000 Kampung. Sementara lantai dua dan tiga diperuntukkan sebagai mal pelayanan publik dengan 29 jenis pelayanan, termasuk urusan imigrasi,” jelasnya.

Ke depannya, lanjut Dadang, munara dengan tinggi 99 meter tersebut dapat menjadi tower BTS Terpadu. Ia menilai, hal tersebut bisa menjadi potensi Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Bandung.

“Sementara di lantai lima, terdapat menara pandang di mana pengunjung bisa melihat 360 derajat Kota Soreang dari ketinggian. Di sini juga ada berbagai produk kopi kelas dunia yang dihasilkan Kabupaten Bandung dari 14 gunung, seperti Gunung Tilu, Malabar dan Gunung Manglayang,” papar Dadang Naser.

Untuk lantai enam sendiri, tambah bupati, terdapat tulisan-tulisan Asmaul Husna serta kalimat-kalimat jalalah. Dan di ketinggian 99 meter dibangun Kujang, sebagai senjatanya orang Sunda.

Sementara Skywalk Sabilulungan, tambahnya, menjadi penghubung kawasan Masjid Al Fathu sebagai pusat kegiatan umat, dengan kawasan GBS sebagai pusat kegiatan seni dan budaya.

Selain sebagai ikon, Dadang Naser berharap, kehadiran dua bangunan baru tersebut, dapat menjadikan Soreang sebagai pusat pertumbuhan ekonomi dan perdagangan di Kabupaten Bandung.

“Dengan munculnya berbagai infrastruktur di Soreang, seperti akses jalan tol serta bangunan multifungsi seperti munara ini, dapat menjadikan Soreang sebagai pusat pertumbuhan ekonomi dan perdagangan,” harapnya.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR) Kabupaten Bandung Agus Nuria menuturkan, terdapat dua tahapan dalam pembangunan Munara 99 tersebut.

“Tahap pertama dilaksanakan di tahun 2019, meliputi pembangunan skywalk dan konstruksi munara dengan anggaran Rp17 miliar. Untuk pengerjaan munara sendiri dilaksanakan pada tahap ke dua di tahun 2020, dengan biaya mencapai Rp28 miliar,” terang Agus. (K34)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dea Andriyawan
Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper