Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Banjir yang Mengepung Karawang Akibat Luapan Tiga Sungai Besar

Gubernur Jabar Ridwan Kamil bersama Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana dan unsur Fokompinda meninjau langsung lokasi banjir terparah di Kabupaten Karawang.
Asep Mulyana
Asep Mulyana - Bisnis.com 09 Februari 2021  |  15:55 WIB
Banjir setinggi atap rumah di Kampung Pangasinan, Desa Karangligar, Kecamatan Telukjambe Barat, Karawang. - Istimewa
Banjir setinggi atap rumah di Kampung Pangasinan, Desa Karangligar, Kecamatan Telukjambe Barat, Karawang. - Istimewa

Bisnis.com, KARAWANG - Gubernur Jabar Ridwan Kamil bersama Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana dan unsur Fokompinda meninjau langsung lokasi banjir terparah di Kabupaten Karawang. Wilayah yang terdampak parah salah satunya Perumnas Bumi Mutiara Indah (BMI), Desa Dawuan, Kecamatan Cikampek.

Dalam laporan kepada Gubernur Jabar, Bupati Cellica Nurrachadiana mengatakan sedikitnya ada 39 desa di 17 kecamatan yang terendam banjir. Persoalan banjir di sejumlah wilayah Karawang ini, berasal dari luapan air sungai. Air sungai ini meluap, akibat tingginya curah hujan dalam tiga hari terakhir ini.

"Banjir di Karawang utara berasal dari luapan Sungai Citarum. Sedangkan banjir di Teluk Jambe Barat berasal dari luapan Sungai Cibe'et. Sedakang, wilayah Cilamaya akibat luapan sungai Cilamaya. Adapun banjir Cikampek, akibat luapan Sungai Cikarang Gelam," ujar Cellica, melalui rilis yang diterima Bisnis.com, Selasa (9/2/2021).

Dalam kesempatan tersebut, Gubernur Ridwan Kamil mengatakan bencana banjir ini berada dalam situasi pandemi Covid-19. Artinya, saat ini semua pihak menghadapi ujian berlapis. Karena itu, baik relawan dan masyarakat dalam menghadapi musibah ini agar tetap menerapkan disiplin protokol kesehatan.

Selain itu, lanjut Kang Emil, pihaknya mengingatkan lagi agar masyarakat tetap mewaspadai lingkungannya. Terutama, saat cuaca yang sangat ekstrim seperti saat ini.

"Pemerintah, akan terus memberikan bantuan untuk mengatasi masalah banjir ini," ujarnya.

Ada sejumlah mega proyek yang akan segera dilaksanakan di tahun 2021 ini

Salah satunya, untuk mengantisipasi masalah banjir. Khususnya di Kabupaten Karawang.

Pada kesempatan itu, Gubernur secara simbolik juga memberi bantuan logistik untuk korban banjir dan bersama rombongan forkopimda meninjau langsung lokasi banjir di perumahan BMI 1 dan 2. Tak hanya itu, kunjungan tersebut juga dihadiri Kapolda Jabar dan Pangdam III Siliwangi. (K60)


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

karawang
Editor : Ajijah

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top