Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Rajin Promosikan Investasi, Ridwan Kamil: Sudah Mirip Sales Bolpoin

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dinilai Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) RI Bahlil Lahadalia termasuk kepala daerah yang sangat agresif mendorong investasi.
Wisnu Wage Pamungkas
Wisnu Wage Pamungkas - Bisnis.com 26 Januari 2021  |  15:46 WIB
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyampaikan pemaparan pada diskusi webinar Bisnis Indonesia Business Challenges 2021 di Gedung Negara Pakuan, Bandung, Jawa Barat, Selasa (26/1). - Bisnis/Rachman
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyampaikan pemaparan pada diskusi webinar Bisnis Indonesia Business Challenges 2021 di Gedung Negara Pakuan, Bandung, Jawa Barat, Selasa (26/1). - Bisnis/Rachman

Bisnis.com, BANDUNG - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dinilai Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) RI Bahlil Lahadalia termasuk kepala daerah yang sangat agresif mendorong investasi.

Pujian itu dilontarkan Bahlil di sesi diskusi Bisnis Indonesia Business Challenges 2021 yang digelar secara daring Selasa (26/1/2021). Keduanya berada dalam satu sesi yang membahas tentang perdagangan dan investasi. Bahlil menunjuk kawasan Rebana Metropolitan yang rajin dipromosikan oleh Ridwan Kamil.

“Saya melaksanakan apa yang Pak Menteri BKPM suruh, Pak Gubernur harus menjual seheboh-hebohnya. Saya kaya sales bolpoin, ada investor yang punya potensi saya dekati, saya fasilitasi,” kata Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

Menurutnya Jawa Barat selama ini memiliki dua keunggulan yang sering diungkapkan oleh investor. Pertama kesiapan infrastruktur yang lengkap dibanding daerah lain dan tenaga kerja yang dinilai produktif.

“Saya survei ke investor. Senang ke Jawa Barat karena punya infrastruktur yang dianggap lebih baik,” katanya.

Karena itu dia menggadang Rebana Metropolitan yang memiliki pelabuhan, bandara dan ruas tol sebagai daerah yang akan menjadi bangkitan ekonomi Jawa Barat ke depan.

“Selain itu tingkat produktivitas buruh kita dianggap paling produktif se-Indonesia. Isu upah tidak selalu nomor satu dalam struktur unit cost, tapi juga produktivitas,” katanya.

Jawa Barat sendiri dari sisi ekonomi menghasilkan dua performa yang membanggakan dari mulai ekspor yang masih paling tinggi di Indonesia juga investasi. “Kita pertahankan sebagai provinsi paling tinggi dengan investasi Rp120 triliun, mengindikasikan dua hal tadi prestasi yang ingin kita jaga,” katanya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

ridwan kamil Metropolitan Rebana
Editor : Ajijah
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top