Petugas Bubarkan Kerumunan Warga di Kawasan Jamblang Cirebon

Satgas Penanganan (Satgas) Penanganan Covid-19 Kabupaten Cirebon membubarkan kerumunan warga di Desa Bojong Lor, Kecamatan Jamblang, Kamis (14/1/2021).
Kerumunan warga lantaran adanya aktivitas pasar kaget yang dibubarkan petugas
Kerumunan warga lantaran adanya aktivitas pasar kaget yang dibubarkan petugas

Bisnis.com, CIREBON - Satgas Penanganan (Satgas) Penanganan Covid-19 Kabupaten Cirebon membubarkan kerumunan warga di Desa Bojong Lor, Kecamatan Jamblang, Kamis (14/1/2021).

Di Desa Bojong Lor, ditemukan kerumunan warga lantaran adanya aktivitas pasar kaget. Sebagian besar yang berada di lokasi pasar tersebut tampak tidak mengenakan masker dan pelindung atau juga menjaga jarak.

Petugas gabungan yang terdiri dari Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Cirebon, Kepolisian Resor Kota (Polresta) Cirebon, Komando Distrik Militer (Kodim) 0620 Kabupaten Cirebon, langsung membubarkan aktivitas warga tersebut.

Selain adanya pasar kaget, di Desa Bojong Lor pun bertepatan dengan adanya pemilihan pergantian antar waktu (PAW) kuwu. Terhitung, lebih dari 100 orang ‎berkumpul di gedung balai desa.

Tidak hanya itu, di sepanjang desa pun ada beberapa titik kerumunan warga yang mendukung para calon kuwu. Sebagian besar juga tidak mengenakan masker dan menjaga jarak.

Kepala Bidang Ketertiban Umum dan Ketertiban Masyarakat Satpol PP Kabupaten Cirebon, Dadang Priyono, mengatakan, saat ini‎ tengah ada pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) untuk mencegah penyebaran wabah Covid-19.

Pihaknya pun sangat menyayangkan adanya pelanggaran massal tersebut, terlebih angka terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Cirebon terus mengalami penambahan setiap harinya.

"Pemilihan kuwu itu sebenarnya cukup baik karena disekat, sehingga warga lain tidak bisa masuk. Tetapi, kami lihat, warga sangat antusias dalam pemilihan itu, sehingga menimbulkan kerumunan," kata Dadang di lokasi.

PPKM pun dilakukan karena Cirebon masuk ke dalam zona merah risiko tinggi penyebaran wabah Covid-19.

Berdasarkan data, kasus terkonfirmasi Covid-19 di Kabupaten Cirebon mengalami peningkatan signifikan. Pekan lalu jumlah kasus di bawah 4.000, namun saat ini mencapai angka 4.434. (K45)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Hakim Baihaqi
Editor : Ajijah

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper