Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Bupati Purwakarta Siap Jadi Orang Pertama yang Divaksin Covid-19

Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika menyatakan kesiapannya untuk menjadi orang pertama yang melakukan vaksinasi Covid-19 di wilayahnya pada 14 Januari mendatang.
Wisnu Wage Pamungkas
Wisnu Wage Pamungkas - Bisnis.com 10 Januari 2021  |  13:40 WIB
Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika
Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika

Bisnis.com, PURWAKARTA – Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika menyatakan kesiapannya untuk menjadi orang pertama yang melakukan vaksinasi Covid-19 di wilayahnya pada 14 Januari mendatang.

“Sangat bersedia. Kenapa harus saya yang pertama, agar masyarakat juga merasa aman dan tidak takut untuk divaksin,” ujar Anne, Minggu (10/1/2021).

Anne menjelaskan, merujuk pada data pendistribusian vaksin, Purwakarta mendapat jatah vaksinasi untuk 4.000 orang. Adapun vaksinasi tahap awal ini, sementara akan dilakukan pada tenaga kesehatan.

“Hari ini, baru masuk entry data sebanyak 3.700 nakes. Mudah-mudahan pekan ini bisa selesai,” jelas dia.

Menurut Ambu Anne, vaksinasi Covid-19 menjadi salah satu ikhtiar Pemerintah Indonesia untuk dalam memutus rantai penyebaran Covid-19 yang sejauh ini belum juga hilang. Pendistribusian vaksin pun sudah mulai dilakukan ke seluruh Indonesia baik melalui jalur darat maupun jalur udara.

Rencananya, vaksinasi akan dilakukan selama dua bulan yakni Januari dan Februari. Sebelumnya, dari provinsi sudah mengecek lokasi penyimpanan vaksin dan dikatakan layak sehingga akan segera didistribusikan.

“Saya siap menjadi orang pertama yang divaksin karena saya yakin [vaksin] ini sudah sesuai standar kesehatan dan sesuai kebutuhan insyaallah, bismillah,” tambah dia.

Sementara itu, Ketua Harian Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Purwakarta Iyus Permana menambahkan, sejauh ini seluruh persiapan vaksinasi sudah dilakukan secara maksimal, baik dari aspek penyimpanan maupun penjagaannya. Harapannya, vaksinasi yang akan dimulai pada 14 Januari 2021 itu bisa berjalan lancar dan aman.

“Kami siapkan 20 puskesmas di wilayah kami untuk menampung vaksin Covid-19 ini. Setiap puskesmas pun sudah memiliki freezer bersuhu 2-8 derajat Celsius,” ujar Iyus.

Selain itu, lanjut dia, pihaknya pun telah berkordinasi dengan pihak kepolisian terkait pengamanan dan penjagaan ketat guna menjamin vaksin tersimpan aman sebelum digunakan untuk tenaga kesehatan ini.

“Untuk pengamanan menjadi wilayah kepolisian, tapi sudah kami siapkan. Fasilitas penyimpanan pun telah siap dan tidak hanya di puskesmas, melainkan juga terdapat penyimpanan di Dinas Kesehatan,” tambah dia.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

purwakarta
Editor : Ajijah
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top