Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Harga Bahan Pangan di Purwakarta Cenderung Stabil

Harga sejumlah bahan pangan di pasar tradisional di Kabupaten Purwakarta cenderung stabil pada awal tahun ini.
Wisnu Wage Pamungkas
Wisnu Wage Pamungkas - Bisnis.com 07 Januari 2021  |  20:29 WIB
Ilustrasi - Bisnis
Ilustrasi - Bisnis

Bisnis.com, PURWAKARTA – Harga sejumlah bahan pangan di pasar tradisional di Kabupaten Purwakarta cenderung stabil pada awal tahun ini.

Kepala Bidang Perdagangan, Dinas Usaha Kecil Mikro dan Menengah (UMKM), Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan, Kabupaten Purwakarta Wita Gusrianita membenarkan hal tersebut. Merujuk data per 6 Januari kemarin, justru ada beberapa komoditas yang malah mengalami penurunan harga.

“Hasil monitoring kami, hargan bahan pangan di kita masih cenderung stabil hingga kini,” ujar Wita saat dihubungi Bisnis.com, Kamis (7/1/2021).

Wita menjelaskan, setiap hari kita jajarannya terus monitor harga-harga bahan pangan ini. Ada sedikitnya 42 bahan pangan yang dipantau. Adapun 42 bahan pangan itu, sambung dia, di antaranya beras, komoditas bawang, komoditas cabai dan sayuran lainnya. Termasuk, telur, daging ayam, daging sapi, ikan asin.

“Sampai saat ini, harganya masih normal. Belum ada kenaikan. Justru ada beberapa yang item yang malah mengalami penurunan harga,” jelas dia.

Hasil pantauannya di Pasar Citeko Plered sebagai contohnya, untuk harga bawang merah misalnya. Per tanggal 6 Januari kemarin, harganya berada di kisaran Rp24.000 per kilogram atau terjadi penurunan Rp3.000 dari hari sebelumnya yang mencapai Rp28.000.

“Penurunan juga terjadi pada harga cabai merah besar. Kalau harga cabai ini, turunnya sangat drastis,” jelas dia.

Untuk harga cabai merah, sambung dia, saat ini berada di kisaran Rp25.000 per kilogramnya atau turun setengah harga dari hari sebelumnya yang mencapai Rp50.000 per kilogramnya. 

“Untuk sayuran, di antaranya ada tomat, kol dan kentang yang kami pantau mengalami penurunan harga. Penurunannya, rata-rata Rp Rp1.000 sampai Rp2.000 per kilogramnya,” kata dia.

Sedangkan, untuk bahan pangan yang harganya cenderung stabil di antaranya, bawang putih yang masih berada di angka Rp24.000 per kilogram. Lalu, pangan jenis Beras IR64 kualitas satu, harganya Rp10.500 per kilogram dan beras IR64 kualitas dua, Rp9.500 per kilogram.

Lalu, daging sapi lokal masih di angka Rp110.000 per kilogram. Telur ayam ras Rp25.000 per kilogram. Minyak goreng curah Rp14.000 per liter, dan tepung terigu di kisaran Rp6.500 per kilogram.

“Semoga harga bahan pangan ini bisa terus stabil supaya masyarakat bisa tenang. Serta, daya belinya mengalami kenaikan."

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

purwakarta
Editor : Ajijah
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top