Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Terapkan Rapid Test Antigen, 9 Penumpang di Terminal Leuwipanjang Reaktif Covid-19

Sembilan penumpang di Terminal Leuwipanjang, Kota Bandung yang akan bertolak ke Jakarta dinyatakan reaktif Covid-19.
Dea Andriyawan
Dea Andriyawan - Bisnis.com 27 Desember 2020  |  14:49 WIB
Dalam melakukan rapid test antigen ini, Kementerian Perhubungan bekerja sama dengan Dinas Kesehatan setempat dan akan berlaku sampai masa liburan Tahun Baru 2021.  - KEMENHUB
Dalam melakukan rapid test antigen ini, Kementerian Perhubungan bekerja sama dengan Dinas Kesehatan setempat dan akan berlaku sampai masa liburan Tahun Baru 2021. - KEMENHUB

Bisnis.com, BANDUNG - Sembilan penumpang di Terminal Leuwipanjang, Kota Bandung yang akan bertolak ke Jakarta dinyatakan reaktif Covid-19. Hal tersebut didapat usai dilakukan rapid test antigen kepada penumpang yang dilakukan Dinas Perhubungan bersama Dinas Kesehatan Kota Bandung.

Kepala Terminal Leuwipanjang, Asep Hidayat mengatakan pemberlakukan pengetesan ini dilakukan sejak Kamis (24/12/2020) lalu. Total ada 225 penumpang yang menjalani tapid tes dan telah ditemukan tujuh orang reaktif.

"Hari ini pemeriksaan masih berlangung dan hari ini ada tambahan dua reaktif, jadi total sudah ada sembilan penumpang," ujar Asep, saat dihubungi, Minggu (27/12/2020).

Bagi penumpang yang dinyatakan reaktif berdasarkan rapid test antigen ini tidak diperbolehkan melanjutkan perjalanan dan diarahkan Puskesmas untuk menjalani pemeriksaan selanjutnya.

"Ya, keberangkatan ditangguhkan dan dipulangkan. Petugas kesehatan berkoordinasi dengan puskesmas setempat sesuai alamat penumpang bersagkutan," katanya.

Sembilan penumpang yang reaktif itu, kata dia, bukan hanya warga asli Kota Bandung, tapi juga berasal dari Bandung Raya seperti Soreang Kabupaten Bandung, Kota Cimahi dan Kota Bandung.

Kegiatan rapid test akan berlangsung selama 10 hari ke depan dengan target 70 orang per hari. Pengetesan ini, kata dia, difokuskan kepada penumpang yang akan berangkat menuju Jakarta.

Selain menggelar rapid test gratis, pihaknya pun menerapkan protokol kesehatan yang ketat seperti mewajibkan penumpang memakai masker, mencuci tangan dan melakukan pengecekan suhu tubuh.

Petugas kesehatan pun, kata dia, siap siaga menjaga di Terminal Leuwipanjang serta menyiapkan ruang isolasi, kapasitas bus untuk penumpang pun masih dibatasi hanya sekitar 50 persen. (K34)


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pemkot bandung Covid-19
Editor : Ajijah

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top